Asap mengepul dari kebakaran hutan Gunung Sumbing (16/90. ANT/ANIS EFIZUDIN
Asap mengepul dari kebakaran hutan Gunung Sumbing (16/90. ANT/ANIS EFIZUDIN

Kebakaran Gunung Sumbing Merambat ke Desa Temanggung

Nasional kebakaran gunung
Mustholih • 14 Agustus 2019 12:38
Semarang: Kebakaran hutan di lereng Gunung Sumbing, Jawa Tengah, meluas ke Desa Sukomakmur, Kecamatan Kajoran, dan Desa Temanggung, Kecamatan Kaliangkrik, Magelang. Di Desa Sukomakmur, kebakaran terjadi di petak 2A-7 RPH Mangli BKPH Magelang KPH Kedu Utara, sedangkan di Desa Temanggung, kebaran melanda di Petak 2A-13 RPH Mangli BKPH Magelang KPH Kedu Utara.
 
Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah Jawa Tengah, Sudaryanto, mengatakan api di Desa Sukomakmur menghanguskan 38,80 hektare padang savana. Akibat angin kencang, api menjalar ke petak A2-13 di Desa Temanggung hingga membakar lima hektare lahan.
 
"Sampai dengan pukul 18.45 WIB kemarin, api masih terpantau mengarah ke utara masuk wilayah Kabupaten Temanggung," kata Sudaryanto, Semarang, Jawa Tengah, Rabu, 14 Agustus 2019.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Sudaryanto menuturkan kebakaran di lereng Gunung Sumbing di dua desa itu terjadi pukul 03.00 WIB, Selasa, 13 Agustus 2019. Sudaryanto mengaku belum mengetahui penyebab kebakaran tersebut.
 
"Penyebab belum diketahui tapi diperkirakan kerugian kebakaran mencapai Rp6,5 juta rupiah," ujarnya.
 
Dia mengungkap sebanyak 66 personel gabungan dikerahkan ke lokasi kebakaran untuk memadamkan api. Personel gabungan berasal dari Badan Penanggulan Bencana Daerah, Perhutani, TNI, Polisi, relawan, dan masyakarat.
 
"Saat ini titik kebakaran di Desa Sukomakmur sudah 100 persen padam. Sedangkan di Desa Temanggung titik api belum padam dan pergerakan api mengarah ke utara," jelasnya.

 

(LDS)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif