Ilustrasi. (Foto: MI/Akhmad Safuan)
Ilustrasi. (Foto: MI/Akhmad Safuan)

Dana Bagi Hasil Cukai di Jepara untuk Puskesmas

Nasional cukai
Rhobi Shani • 26 November 2019 15:18
Jepara: Dinas Kesehatan (Dinkes) Jepara, Jawa Tengah, akan mendapatkan dana bagi hasil cukai sebesar Rp3,6 miliar pada 2020. Jumlah tersebut naik dari tahun sebelumnya yakni Rp3,4 miliar.
 
Kepala Dinkes Jepara, Mundrikatun, mengatakan, dana tersebut akan dipakai untuk peningkatan dan perbaikan sarana prasarana Puskesmas.
 
“Juga untuk program pelayanan kesehatan bagi masyarakat miskin yang dibiayai oleh pemerintah daerah dan untuk penduduk Jepara yang belum mempunyai jaminan kesehatan,” ujar dia, Selasa, 26 November 2019.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Selain peningkatan fasilitas, dana bagi hasil juga akan dimanfaatkan untuk meningkatkan kompetensi tenaga kesehatan. “Kemudian untuk pembangunan gedung perkantoran dan aula Puskesmas Mlonggo,” sambung dia.
 
Sementara itu, Asisten Bidang Perekonomian dan Pembangunan Sekretariat Daerah Kabupaten Jepara, Mulyaji, menambahkan dana bagi hasil cukai dialokasikan ke sejumlah organisasi perangkat daerah (OPD).
 
Selain Dinas Kesehatan, dana itu juga akan dialokasikan untuk Dinas Komunikasi dan Informatika, Satpol PP dan Damkar, Dinas Koperasoi, UKM, serta Tenaga Kerja dan Transmigrasi. OPD yang paling banyak menerima dana bagi hasil cukai yaitu Dinas Kesehatan.
 
“Untuk Satpol PP misalnya (alokasi dana) kegiatan razia dan operasi rokok ilegal. Kemudian Diskominfo untuk sosialisasi,” imbuh Mulyaji.

 

(MEL)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif