1.000 Pohon Ditanam Halau Cuaca Ekstrem di Maluku

Marcheilla Ariesta 05 Juni 2018 23:07 WIB
cuaca ekstrem
1.000 Pohon Ditanam Halau Cuaca Ekstrem di Maluku
PLN tanam 32 ribu pohon di seluruh Indonesia. (Foto: Antara).
Ambon: Sebanyak seribu pohon ditanam di Negeri Tuhelu dan Suli, Kabupaten Maluku Tengah. Penanaman pohon dilakukan dengan tujuan menghalau cuaca ekstrem.

General Manager PT PLN Unit Induk Pembangunan (UIP) Maluku Jonner Pardosi mengatakan penanaman ini juga digelar sekaligus memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia. Penanaman ini dilakukan serentak di beberapa kota.

"Kita menanam 32 ribu pohon serentak se-Indonesia. Program ini kami harapkan dapat memberikan manfaat besar bagi kelangsungan ekosistem lingkungan, mengingat saat ini dihadapkan dengan cuaca ekstrem," ucapnya, dilansir dari Antara, Selasa 5 Juni 2018.


Menurut dia, upaya perlindungan dan pelestarian lingkungan hidup membutuhan kerja sama seluruh pihak bukan hanya pemerintah, tetapi sektor swasta serta perguruan tinggi dan masyarakat setempat.

Pemerintah menetapkan program pelestarian lingkungan, dan ini harus menjadi perhatian seluruh unsur untuk memanfaatkan sumber daya alam, seperti memilah dan membuang sampah pada tempatnya, menanam pohon serta menggunakan energi secara bijak.

Dekan Fakultas Pertanian Unpatti JM Matinahoru mengapresiasi langkah PLN tersebut. Dia mengatakan pohon memiliki nilai penting dalam kaitan dengan polusi udara.

Menurut dia, PLN juga memproduksi karbondioksida (CO2) lewat mesin-mesinnya. Karenanya,lanjut dia  PLN bertanggung jawab dengan melakukan penanaman pohon tersebut.

Ia menambahkan jenis tanamanan seperti kayu besi, makila, jabon merah, cengkeh dan kasuari gunung tepat untuk menyerap CO2 yang tinggi.

"Kita berharap 5-10 tahun mendatang daerah ini sudah hijau, sehingga program pemerintah untuk menghijaukan 30 persen wilayah sebagai daerah penghasil oksigen, bisa tercapai," tandasnya.



(JMS)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id