Produk Indonesia hadir dalam Indonesian Week Festival (IWF) 2022 di Jeddah, Arab Saudi. (Kemenlu RI)
Produk Indonesia hadir dalam Indonesian Week Festival (IWF) 2022 di Jeddah, Arab Saudi. (Kemenlu RI)

Produk Unggulan RI Meriahkan Indonesian Week Festival 2022 di Jeddah

Willy Haryono • 01 Agustus 2022 14:58
Jeddah: Dalam semangat peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia ke-77, KJRI Jeddah dan ITPC Jeddah menyelenggarakan kegiatan in-store promotion yang dikemas melalui Indonesian Week Festival (IWF) 2022.
 
Bekerja sama dengan para importir produk Indonesia yang ada di Arab Saudi, kegiatan ini berlangsung sejak 28 Juli hingga 18 Agustus 2022 di Sarawat Superstore, Rawdah District, Jeddah.
 
Berdasarkan keterangan di situs Kementerian Luar Negeri, Senin, 1 Agustus 2022, Konjen RI Eko Hartono dalam sambutannya menyampaikan bahwa hubungan Indonesia dan Arab Saudi membuka lebar peluang ekspor-impor produk makanan, akibat dari ketergantungan Arab Saudi yang cukup tinggi terhadap produk makanan dari luar negeri.

Ia juga menambahkan bahwa produk-produk yang didatangkan ke Arab Saudi tidak hanya untuk warga lokal dan asing di Kerajaan, namun juga untuk melayani ketersediaan kebutuhan jamaah haji dan umroh Indonesia.
 
Kegiatan promosi ini secara resmi dibuka pada Kamis, 28 Juli lalu oleh Konjen RI Jeddah dan dihadiri Konsul Jenderal serta Perwakilan negara Asia lainnya yang ada di Jeddah. Selain itu, hadir pula pimpinan dari Bin Zager Group selaku pemilik Sarawat Superstore.
 
Harga promosi khusus yang diberikan para importir yang berpartisipasi selama IWF 2022 diharapkan dapat menarik minat masyarakat Internasional di Jeddah. Materi promosi yang mencolok dan menarik yang dipasang di Sarawat Superstore juga ditujukan untuk membangun kesadaran terhadap produk Indonesia yang sudah masuk ke pasar Arab Saudi.
 
Tercatat sebanyak delapan importir yang ikut serta dalam IWF 2022 dengan berbagai produk (140 produk) yang dipasarkan, antara lain adalah produk makanan dan minuman seperti biskuit, kopi instan, mi, minuman sereal, dan kudapan lainnya.
 
Di tengah menurunnya perekonomian dunia pascapandemi Covid-19, para diplomat Indonesia dituntut bermanuver dengan berbagai cara dalam menjaga kekokohan pilar ekonomi nasional, termasuk dengan menyelenggarakan kegiatan promosi yang berdampak langsung pada peningkatan nilai ekspor.
 
Saat ini, produk Indonesia sangat banyak tersedia dan mudah ditemukan di Arab Saudi berkat penerimaan yang baik oleh masyarakat dan kegigihan para importir dalam mengimpor produk makanan asli Indonesia.
 
Dengan amunisi ini, KJRI Jeddah dan ITPC Jeddah akan terus bekerja sama dengan para pengusaha dan importir untuk menjajaki berbagai peluang bisnis baru dan perbaikan strategi promosi. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan neraca perdagangan kedua negara, untuk rakyat Indonesia dan untuk Indonesia Maju.
 
Kegiatan in-store promotion IWF di Sarawat Superstore ini adalah salah satu rangkaian dari peringatan HUT ke-77 RI yang diselenggarakan KJRI Jeddah dan akan mencapai puncaknya melalui pelaksanaan Resepsi Diplomatik dan Pesta Rakyat sekitar bulan September dan Oktober. IWF dilaksanakan pertama kali pada 2021 dan telah mencatatkan keberhasilan dan penjualan yang sangat tinggi selama tiga pekan pelaksanaannya.?????
 
Baca:  Co & Cho 2021, Ajang Pembuktian Kualitas Kopi dan Cokelat Indonesia

 
Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News
(WIL)




TERKAIT

BERITA LAINNYA

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan