Kopi dan cokelat Indonesia hadir dalam acara International Coffee & Chocolate Exhibition 2021. (Kemenlu RI)
Kopi dan cokelat Indonesia hadir dalam acara International Coffee & Chocolate Exhibition 2021. (Kemenlu RI)

Co & Cho 2021, Ajang Pembuktian Kualitas Kopi dan Cokelat Indonesia

Willy Haryono • 11 Desember 2021 20:04
Riyadh: Para pecinta kopi di Arab Saudi sejatinya telah mengenal reputasi kopi Indonesia, dari mulai Kopi Gayo, Toraja, Lampung, Kintamani, Ijen, Temanggung, hingga Bajawa. Aroma dan rasa khas kopi Indonesia telah merambah berbagai pasar internasional dalam beberapa dekade terakhir. Hal yang sama berlaku pula untuk produk-produk cokelat dari Indonesia.
 
Untuk semakin memperkuat penetrasi pasar kopi dan cokelat di Arab Saudi, KBRI Riyadh bekerja sama dengan KJRI Jeddah dan Indonesia Trade Promotion Center (ITPC) Jeddah telah mengikuti "International Coffee & Chocolate Exhibition 2021" (Co & Cho 2021), sebuah ajang pameran kopi dan cokelat. Acara ini berlangsung di Riyadh Convention and Exhibition Center pada tanggal 8 – 12 Desember 2021.
 
Pameran Co & Cho 2021 yang berlangsung selama 5 hari ini merupakan pameran kopi dan cokelat terbesar di Timur Tengah diikuti oleh lebih dari 300 peserta baik lokal maupun internasional dari 40 negara.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Indonesia diwakili oleh beberapa produk yang telah memiliki pasar di Arab Saudi yaitu: Torabika Cappucino, Coffee Joy Biscuit, Good day Coffee, Kopi Kapal Api, Kapal Api Cappucino, Caffino, Tango Wafer Chocolate & Vanila, dan Deka wafer Roll. Paviliun Indonesia Juga menampilkan produk bijih kopi Green Bean Arabica dan Robusta.
 
Berdasarkan keterangan di situs Kemenlu RI, Jumat, 10 Desember 2021, Dubes Indonesia untuk Arab Saudi mengutarakan bahwa dirinya sangat percaya bahwa ke depan, produk kopi dan cokelat Indonesia akan semakin dikenal di Arab Saudi.
 
Sementara Bapak Wakil Kepala Perwakilan RI menyatakan bahwa KBRI Riyadh akan sangat senang jika ada pengusaha lokal Arab Saudi yang siap untuk menjadi importir andalan. KBRI Riyadh akan membantu jika ada hal-hal yang perlu dikomunikasikan baik dengan pemerintah daerah, pengusaha maupun petani di Indonesia.
 
Di lain pihak, Konjen RI Jeddah menyatakan, keikutsertaan Indonesia pada pameran ini membuktikan bahwa RI sangat serius dalam mendukung upaya pemasaran sekaligus memperkuat identitas kopi dan cokelat Indonesia di dunia internasional, dalam hal ini khususnya di Arab Saudi.
 
Dubes RI bersama Wakeppri dan Konjen RI menyempatkan diri berkeliling menemui dan berdialog dengan beberapa importir ternama Arab Saudi yang juga mengimpor bijih kopi dari Indonesia serta membuka paviliunnya di pameran ini.
 
Selama hari pertama pameran berlangsung, paviliun Indonesia terus ramai dikunjungi pengunjung yang ingin mencari tahu lebih lanjut mengenai apa dan bagaimana kopi dan cokelat Indonesia.
 
Baca:  Desa Devisa Subang Ekspor Kopi Perdana ke Arab Saudi Senilai Rp2,1 Miliar
 
(WIL)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif