Warga Palestina membawa foto dari para tahanan yang kabur dari penjara Israel. Foto: AFP
Warga Palestina membawa foto dari para tahanan yang kabur dari penjara Israel. Foto: AFP

Sendok Jadi Simbol Baru Kebebasan Palestina

Internasional Palestina penjara Israel Tahanan Palestina Kabur
Fajar Nugraha • 17 September 2021 19:05

 
Israel telah memulai penyelidikan atas penyimpangan yang menyebabkan insiden memalukan itu, yang dilihat oleh warga Palestina sebagai ‘kemenangan’.
 
Baca: Usai Penjara Dibobol, Panglima Militer Israel Ancam Operasi Skala Besar.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Dengan tekad, kewaspadaan  dan kelicikan, dan dengan sendok, adalah mungkin untuk menggali terowongan di mana orang-orang Palestina melarikan diri dan musuh dipenjarakan," kata penulis Sari Orabi di situs Arabi 21.
 
Kartunis Palestina Mohammed Sabaaneh mengatakan, pelarian itu telah menimbulkan "humor hitam" dan mengekspos sistem keamanan Israel untuk diejek.
 
Dia telah membuat beberapa gambar yang menampilkan perkakas itu, termasuk yang berjudul "The Tunnel of Freedom" atau “Terowongan Kebebasan".

Kenangan

Isu ini juga menimbulkan kekaguman di luar wilayah Palestina, di mana sendok telah dibawa dalam demonstrasi mendukung tahanan yang ditahan oleh Israel.
 
Di Kuwait, seniman Maitham Abdal memahat tangan raksasa yang menggenggam sendok dengan kuat -, “spoon of freedom” atau “sendok kebebasan", begitu ia menyebutnya.
 
Terinspirasi serupa, desainer grafis yang berbasis di Amman, Raed al-Qatnani, secara simbolis menggambarkan enam siluet yang menjembatani kebebasan, yang diwakili oleh sendok.
 
Read All



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif