Presiden Palestina yang memimpin Fatah Mahmoud Abbas (kiri) bertemu dengan pemimpin Hamas Ismail Haniyyeh (kanan) di perayaan kemerdekaan Aljazair./AFP
Presiden Palestina yang memimpin Fatah Mahmoud Abbas (kiri) bertemu dengan pemimpin Hamas Ismail Haniyyeh (kanan) di perayaan kemerdekaan Aljazair./AFP

Pemimpin Fatah dan Hamas Bertemu di Peringatan Kemerdekaan Aljazair

Marcheilla Ariesta • 06 Juli 2022 18:09
Ramallah: Presiden Otoritas Palestina (PA) Mahmoud Abbas dan pemimpin Hamas, Ismail Haniyeh bertemu untuk pertama kalinya dalam lebih dari lima tahun. Pertemuan ini diungkapkan ke publik.
 
"Keduanya bertemu di sela-sela perayaan peringatan kemerdekaan Aljazair," lapor TV pemerintah Aljazair, dikutip oleh The National, Rabu, 6 Juli 2022.
 
"Perwakilan dari Otoritas Palestina dan Hamas juga menghadiri pertemuan ini," sambungnya.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Pertemuan tatap muka resmi terakhir antara Abbas dan Haniyeh berlangsung di Doha, Qatar pada Oktober 2016.
 
Baca juga: Hamas Menentang Perluasan Permukiman Israel Demi Menjaga Identitas Yerusalem
 
Pertemuan terakhir mereka terjadi saat Presiden Aljazair Abdelmadjid Tebboune menandai peringatan 60 tahun kemerdekaan negaranya dari Prancis.
 
Partai Fatah sekuler pimpinan Abbas, yang mendominasi PA dan menguasai Tepi Barat yang diduduki Israel, berselisih dengan Hamas sejak pemilihan umum pada 2007. Saat itu, Hamas menguasai Gaza.
 
Tebboune dan Abbas menandatangani dokumen untuk memberi nama jalan 'Aljazair' di kota Ramallah, Tepi Barat.
 
Presiden Aljazair menjamu beberapa pejabat asing pada hari Selasa untuk menyaksikan parade militer besar-besaran untuk menandai kemerdekaan pada 1962. Saat di mana Aljazair membebaskan diri dari 132 tahun pendudukan Prancis.
 
(WIL)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif