Sekjen Liga Arab Ahmed Aboul Gheit. (Alexander Zemlianichenko / POOL / AFP)
Sekjen Liga Arab Ahmed Aboul Gheit. (Alexander Zemlianichenko / POOL / AFP)

KTT Perdana Arab-Tiongkok Akan Digelar pada Desember Mendatang

Willy Haryono • 10 September 2022 15:07
Kairo: Upaya Tiongkok untuk memperluas pengaruhnya di Dunia Arab akan mendapat dorongan kuat lewat konferensi tingkat tinggi (KTT) Arab-Tiongkok pertama pada Desember mendatang. Arab Saudi akan menjadi tuan rumah pertemuan tersebut.
 
Dikutip dari commonspace.eu, Sabtu, 10 September 2022, Liga Arab menyatakan bahwa KTT mendatang akan menjadi tonggak sejarah dalam kemitraan strategis antar negara-negara Arab dan Tiongkok.
 
Asisten Sekretaris Jenderal Liga Arab Khalil Al-Thawadi menyampaikan hal tersebut dalam Forum Reformasi dan Pembangunan Tiongkok Arab kali ketiga yang digelar secara digital oleh Beijing. Dalam pertemuan, ia menekankan kembali keinginan kuat Liga Arab untuk memperluas kerja sama dengan Tiongkok di berbagai bidang.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Al-Thawadi menyerukan upaya kawasan dan internasional dalam mencari solusi politik dari berbagai krisis yang ada di dunia saat ini. Ia juga menyerukan penentangan terhadap intervensi asing terhadap urusan dalam negeri negara-negara Arab.
 
Sebelumnya pada tahun ini, Sekjen Liga Arab Ahmed Aboul Gheit dan duta besar sekaligus Utusan Khusus Tiongkok untuk Timur Tengah Zhai Jun, mendiskusikan berbagai isu, termasuk kerja sama antar dunia Arab dan Tiongkok.
 
Aboul Gheit mengaku mengapresiasi dukungan Tiongkok terhadap negara-negara Arab dalam menyediakan vaksin dan bantuan selama pandemi Covid-19. "Hal tersebut merefleksikan level persahabatan dan kerja sama antar kedua pihak," ucapnya.
 
Selain itu, Aboul Gheit juga berterima kasih kepada Tiongkok atas dukungan terhadap Liga Arab di forum-forum internasional dan Dewan Keamanan PBB, termasuk dalam isu Palestina.
 
Liga Arab juga mengapresiasi Tiongkok atas dukungan terhadap Badan Bantuan untuk Pengungsi Palestina, yang saat ini sedang mengalami masalah finansial.
 
Baca:  Liga Arab Tuntut Tindakan Nyata PBB Atas Ulah Israel di Palestina
 
(WIL)




LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif