Pasukan Israel menahan seorang warga Palestina dekat permukiman Ariel, Tepi Barat, 30 November 2020. (JAAFAR ASHTIYEH / AFP)
Pasukan Israel menahan seorang warga Palestina dekat permukiman Ariel, Tepi Barat, 30 November 2020. (JAAFAR ASHTIYEH / AFP)

Warga Palestina Tembak Mati Petugas keamanan Israel di Tepi Barat

Internasional Palestina israel palestina Israel Masjid Al-Aqsa Tepi Barat
Willy Haryono • 30 April 2022 14:02
Tepi Barat: Sejumlah warga Palestina menembak mati seorang petugas keamanan Israel di pintu masuk sebuah permukiman Yahudi di Tepi Barat, Jumat malam, 29 April 2022. Penembakan ini berpotensi memperburuk ketegangan antara Palestina dan Israel yang terus meningkat dalam dua bulan terakhir.
 
Militer Israel mengatakan bahwa para penyerang tiba di permukiman Ariel, menembak mati seorang petugas dan kemudian melarikan diri. Militer Israel pun langsung menggelar operasi pengejaran para tersangka di Tepi Barat.
 
Serangkaian serangan warga Palestina di Israel dan Tepi Barat dalam dua bulan terakhir telah menewaskan 14 warga Israel. Hal ini merupakan salah satu pemicu terjadinya penyerbuan pasukan Israel ke kompleks Masjid Al-Aqsa beberapa pekan lalu.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Hamas, grup penguasa di Jalur Gaza, memuji aksi sekelompok warga Palestina yang menembak mati seorang petugas keamanan Israel di Tepi Barat. Namun, Hamas tidak mengklaim berada di balik penembakan tersebut.
 
"Operasi (penembakan ini) membuktikan bahwa revolusi bergejolak di seluruh Tepi Barat," ucap juru bicara Hamas, Hazem Qassem, dikutip dari East Bay Times.
 
"Ini adalah implementasi praktis dari deklarasi rakuat kami, bahwa Yerusalem adalah sebuah garis merah (yang tidak boleh dilewati)," sambungnya.
 
Ketegangan di sekitar kompleks Masjid Al-Aqsa berkobar sejak dua bulan lalu dan masih terasa hingga saat ini. Sebelumnya pada Jumat kemarin, sekelompok warga Palestina melempar batu ke arah petugas keamanan Israel, yang kemudian dibalas dengan tembakan peluru karet.
 
Kompleks masjid Al-Aqsa adalah situs tersuci ketiga bagi umat Muslim. Bagi Yahudi, kompleks tersebut juga dianggap sebagai situs suci karena merupakan lokasi berdirinya Tembok Ratapan.
 
Baca:  Warga Palestina Hadapi Serangan Baru dari Polisi Israel di Masjid Al-Aqsa
 
(WIL)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif