PM Irak Mustafa Al-Kadhimi. (AFP)
PM Irak Mustafa Al-Kadhimi. (AFP)

Pasukan Irak Bunuh Pemimpin ISIS Cabang Lokal

Internasional konflik irak irak isis
Willy Haryono • 03 Februari 2021 12:50
Kabul: Pasukan Irak telah membunuh salah satu pemimpin kelompok militan Islamic State (ISIS) cabang lokal yang berada di wilayah selatan. Kabar disampaikan langsung oleh Perdana Menteri Irak Mustafa Al-Kadhimi.
 
Dikutip dari laman Mehr News Agency pada Rabu, 3 Februari 2021, PM Al-Kadhimi mengatakan bahwa pemimpin ISIS cabang Irak selatan, Abu Hassan al-Gharibawi, tewas dalam operasi pemerintah.
 
"Satu militan lainnya, Ghanem Sabah Jawad, serta beberapa elemen teroris lainnya berhasil dieliminasi," ucap PM Al-Kadhimi.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Jawad dikenal sebagai militan ISIS yang biasa mengantar sejumlah pelaku bom bunuh diri di Irak. PM Al-Kadhimi mengatakan kematian dua petinggi ISIS itu merupakan bagian dari upaya Pemerintah Irak dalam memberantas keseluruhan grup teroris tersebut.
 
"Keberhasilan pasukan keamanan telah membuat kita semua bangga. Hidup Irak," ungkap PM Al-Kadhimi.
 
Baca  Seorang Jenderal Irak Tewas dalam Serangan ISIS
 
Pengumuman PM Al-Kadhimi disampaikan saat pasukan nasional dan Unit Mobilisasi Populer (Hashd al-Sha'abi) telah memulai operasi di sejumlah wilayah Irak.
 
Akhir Januari lalu, pasukan Irak berhasil menghancurkan 10 markas ISIS di provinsi Saladin. Selain meratakan 10 markas, pasukan Irak juga berhasil menghancurkan tiga kendaraan milik ISIS dan menjinakkan sebuah bom.
 
Setelah terbebasnya Mosul dari aktivitas ISIS pada Juli 2017, banyak militan grup tersebut yang bersembunyi di sejumlah provinsi Irak. Diyala, Kirkuk, Saladin, Al Anbar, dan Nineveh merupakan lima provinsi utama yang dijadikan tempat persembunyian militan ISIS.
 
Sejak pertengahan bulan lalu, pasukan Irak bersama Hashd al-Sha'abi telah menjalankan serangkaian operasi terhadap militan ISIS di Al Anbar, Nineveh, dan juga Saladin.
 
Pada Desember 2020, seorang komandan ISIS tewas dalam sebuah operasi anti-terorisme di Baiji County, Irak.
 
(WIL)



FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif