Pasar malam Indonesia menutup rangkaian HUT ke-77 RI di KBRI Antananarivo, Madagaskar, 10-11 September 2022. (Kemenlu RI)
Pasar malam Indonesia menutup rangkaian HUT ke-77 RI di KBRI Antananarivo, Madagaskar, 10-11 September 2022. (Kemenlu RI)

Pasar Malam Tutup Rangkaian HUT ke-77 RI di KBRI Antananarivo

Willy Haryono • 13 September 2022 11:17
Talatamaty: Sebagai penutup dari rangkaian perayaan HUT ke-77 RI, KBRI Antananarivo bekerja sama dengan Hotel San Cristobal menyelenggarakan pasar malam guna mempromosikan kuliner dan budaya khas Indonesia kepada masyarakat di Madagaskar pada tanggal 10-11 September 2022.
 
"Setelah melewati dua tahun terakhir, ketika pandemi Covid-19 masih menghalangi kita untuk berkunjung ke Indonesia, dengan acara pasar malam ini kita bisa membawa 'Indonesia' ke Madagaskar," ujar Kepala Perwakilan RI-Antananarivo, Benny Yan Pieter Siahaan.
 
Kegiatan Pasar Malam disambut baik ratusan pengunjung Hotel San Cristobal yang berasal dari berbagai negara seperti Madagaskar, Mesir, Uganda, Mali, Kam?erun, Tiongkok, Amerika Serikat (AS), Uni Komoro, Prancis, India, Jerman, Belgia, Maroko, Rusia serta Belanda.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Pasar Malam menampilkan enam stan di Hotel San Cristobal, yakni stan makanan dari Dharma Wanita Persatuan KBRI Antananarivo (DWP), Hotel Mercure Alarobia yang merupakan satu-satunya restoran Indonesia di Madagaskar, Batik Chantique, Face Painting, aneka cocktail Hotel San Cristobal serta mainan anak menghadirkan beragam seni dan kerajinan.
 
Berdasarkan keterangan di situs Kementerian Luar Negeri RI, Senin, 12 September 2022, pengunjung pasar malam juga disuguhi kuliner khas Indonesia, seperti Soto Mie, Bakso Malang, Satai Ayam, Bajigur, Pempek, Kue Lumpur, Nasi Goreng, Martabak Manis, Klepon, Mie Goreng, Risoles, Dadar Gulung, Martabak Telur, Pastel serta Lapis Singkong.
 
Guna menambah meriahnya suasana, pihak penyelenggara juga menampilkan Sandrine Jazz, salah satu band jazz ternama di Madagaskar, yang menghibur pengunjung dengan cover lagu dari berbagai artis ternama seperti Norah Jones, Michael Bubble, Louis Armstrong serta Frank Sinatra. 
 
Sebagai tuan rumah dan penyelenggara Pasar Malam, Hotel San Cristobal juga menyambut para pengunjung dengan ucapan terima kasih atas inisiatif dan kerja sama yang baik antara Hotel San Cristobal, DWP serta Hotel Mercure yang terkenal akan makanan khas Indonesia.
 
"Pasar Malam adalah pasar yang khas di negara-negara Asia Tenggara serta menonjolkan kekayaan kuliner, melalui konsep Makanan Jalanan, dan dikunjungi ribuan pengunjung setiap minggunya. Hari ini kami mencoba membuat namun dalam skala kecil. Dan kami sangat terhormat dapat menjalin kemitraan dengan The Mercure Hotel Alarobia dan DWP KBRI Antananarivo, yang telah menyiapkan berbagai makanan khas tradisional Indonesia, sebagian besar menggunakan bahan-bahan impor dan otentik, yang tidak akan kita temukan di Madagaskar," ujar Junior Rakotomalala selaku pimpinan Hotel San Cristobal yang juga menempuh pendidikan di Perguruan Tinggi di Malaysia dan sering mengunjungi pasar malam.
 
Kegiatan Pasar Malam ini diharapkan dapat menjadi kegiatan tahunan Hotel San Cristobal yang bertepatan dengan peringatan HUT ke-77 RI dengan tujuan memperkenalkan gastronomi Indonesia di Madagaskar.
 
"Dengan demikian, kami berharap kegiatan Pasar Malam ini akan sukses dan berkontribusi pada perkenalan kuliner Indonesia di Madagaskar," lanjut Junior Rakotomalala yang mengenakan batik khas Indonesia selama pegelaran Pasar Malam berlangsung.
 
Suasana Pasar Malam semakin warna-warni dengan tayangan video pariwisata Indonesia serta spanduk yang menampilkan tulisan Wonderful Indonesia, HUT ke-77 RI, photo booth KBRI Antananarivo serta spanduk Trade Expo Indonesia guna mempromosikan pameran perdagangan internasional yang akan digelar pada bulan Oktober 2022.
 
Setidaknya empat pengunjung pasar malam tertarik menghadiri pameran TEI 2022. Selain itu, panitia KBRI Antananarivo juga memanfaatkan momentum Pasar Malam dengan mengisi survei citra Indonesia yang memberikan pertanyaan seputar pengetahun WNA mengenai Indonesia dari segi sosial, politik, ekonomi dan kebudayaan.
 
Pulih lebih cepat, bangkit lebih kuat, Dirgahayu ke-77 Republik Indonesia.
 
Baca:  Potong Tumpeng di Perayaan HUT ke-77 RI di Madagaskar
 
(WIL)




LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif