Lassina Zerbo ditunjuk menjadi Perdana Menteri Burkina Faso pada Desember 2021. (JOE KLAMAR / AFP)
Lassina Zerbo ditunjuk menjadi Perdana Menteri Burkina Faso pada Desember 2021. (JOE KLAMAR / AFP)

Presiden Burkina Faso Tunjuk Ahli Geofisika Sebagai Perdana Menteri

Willy Haryono • 11 Desember 2021 17:03
Ouagadougou: Presiden Burkina Faso Roch Marc Christian Kabore telah menunjuk Lassina Zerbo sebagai perdana menteri baru. Zerbo, seorang ahli geofisika, akan menjadi PM baru Burkina Faso di tengah ketidakpuasan masyarakat atas krisis keamanan yang melanda negara mereka selama bertahun-tahun.
 
"Dekrit presiden menyatakan bahwa Lassina Zerbo ditunjuk menjadi seorang perdana menteri," kata juru bicara pemerintah Burkina Faso Stephane Wenceslas Sanou, dikutip dari laman Al Jazeera, Sabtu, 11 Desember 2021.
 
Sebuah kabinet baru Burkina Faso diperkirakan akan dibentuk dalam beberapa hari ke depan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Zerbo pernah menjadi sekretaris eksekutif Organisasi Perjanjian Larangan Tes Nuklir Komprehensif (CTBTO) dari 2013 hingga Agustus lalu.
 
Secara umum, ia kurang dikenal sebagian besar masyarakat Burkina Faso. Namun di luar negeri, nama Zerbo dikenal sebagai salah satu tokoh ternama yang vokal menyuarakan larangan uji coba nuklir eksplosif.
 
Di bawah tekanan untuk melakukan perubahan, Kabore memecat PM sebelumnya, Christophe Dabire, pada Rabu kemarin. Pemecatannya merupakan bagian dari rangkaian perombakan di Burkina Faso yang juga meliputi beberapa tokoh militer.
 
Kubu oposisi dan grup sipil Burkina Faso berulang kali menyuarakan ketidakpuasan mereka terhadap kinerja pemerintah atas krisis keamanan. Mereka berulang kali berunjuk rasa ke jalanan Burkina Faso dalam mendesak pengunduran diri Kabore.
 
Akhir November lalu, 10 orang terluka -- termasuk seorang anak kecil dan dua jurnalis -- saat polisi menggunakan gas air mata dalam membubarkan ratusan demonstran di ibu kota Burkina Faso, Ouagadougou.
 
Baca:  Operasi Militer Gabungan Burkina Faso dan Niger Tewaskan 100 Teroris
 
(WIL)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif