Perang melawan ISIS di Suriah./AFP
Perang melawan ISIS di Suriah./AFP

Pemimpin ISIS Ledakan Diri saat Dikepung di Suriah

Marcheilla Ariesta • 11 Agustus 2022 07:00
Sanaa: Seorang pemimpin Islamic State (ISIS) di Suriah utara meledakkan dirinya. Tak hanya dirinya, satu orang lainnya tewas dan terluka akibat aksinya tersebut.
 
Horan Free League - sekelompok aktivis dan jurnalis di Suriah selatan - mengatakan bahwa pemimpin ISIS, Abu Salem Al-Iraqi, meledakkan sabuk bunuh diri setelah dikepung oleh mantan pemberontak Suriah di sebuah rumah di kota Adwan di  Provinsi Daraa.
 
Seorang pejuang lokal, Yahya Muhammad, yang merupakan bagian dari operasi untuk menyerbu tempat persembunyian Al-Iraqi, tewas oleh ledakan dan seorang warga sipil – yang disandera oleh Al-Iraqi di dalam rumah – terluka.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Operasi para pejuang untuk mengejar Al-Iraqi terjadi tidak lebih dari tiga kilometer jauhnya dari posisi milik pasukan rezim Suriah," kata Horan Free League, dilansir dari The New Arab, Kamis, 11 Agustus 2022.
 
Baca juga: Serangan ISIS Kembali Melanda Kabul, 8 Orang Tewas 22 Terluka
 
Kelompok itu menambahkan, Al-Iraqi adalah salah satu pemimpin paling menonjol dari ISIS di Suriah.
 
Menurut mereka, dia sebelumnya telah pindah dari kamp pengungsi Yarmouk, selatan Damaskus, ke daerah Cekungan Yarmouk, barat Daraa.
 
Provinsi Daraa sendiri kubu oposisi sejak awal revolusi Suriah pada 2011, hingga direbut kembali oleh rezim Assad pada 2018.
 
Setelah pengambilalihan rezim, militan oposisi diminta untuk menyerahkan senjata berat dan menandatangani perjanjian rekonsiliasi untuk "membersihkan" status mereka.
 
Sedangkan lain meninggalkan Suriah selatan menuju provinsi Idlib, yang dikuasai pemberontak di barat laut Suriah daripada 'berdamai' dengan rezim.
 
(FJR)




LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif