Petugas keamanan Taliban berpatroli di jalanan Kabul. (Wakil KOHSAR / AFP)
Petugas keamanan Taliban berpatroli di jalanan Kabul. (Wakil KOHSAR / AFP)

Serangan ISIS Kembali Melanda Kabul, 8 Orang Tewas 22 Terluka

Willy Haryono • 07 Agustus 2022 09:19
Kabul: Sebuah ledakan bom di area perbelanjaan ramai di Kabul, Afghanistan pada Sabtu, 6 Agustus, menewaskan setidaknya delapan orang dan melukai 22 lainnya. Bom meledak di distrik barat Kabul yang banyak digunakan komunitas Syiah sebagai tempat pertemuan.
 
Kelompok militan Islamic State (ISIS) mengeklaim bertanggung jawab atas ledakan tersebut via saluran Telegram. Jumat kemarin, ISIS juga telah melancarkan serangan serupa di Kabul.
 
Dikutip dari India Today, Minggu, 7 Agustus 2022, seorang petugas medis senior di sebuah rumah sakit swasta di Kabul mengonfirmasi adanya delapan korban tewas dengan 22 lainnya terluka.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Sementara seorang juru bicara Kementerian Dalam Negeri Afghanistan bentukan Taliban mengatakan bahwa tim investigasi berada di lokasi untuk membantu korban luka dan memastikan jumlah kematian.
 
Tayangan video daring memperlihatkan beberapa ambulans bergerak ke lokasi kejadian yang berada dekat terminal bus. Serangan ini terjadi menjelang hari raya Asyura yang biasa dirayakan Muslim Syiah.
 
Jumat kemarin, setidaknya delapan orang tewas dan 18 lainnya terluka dalam ledakan di Kabul. ISIS mengeklaim bertanggung jawab.
 
Baca: Ledakan Bom ISIS Guncang Kabul, 8 Orang Tewas 18 Terluka
 
ISIS tidak menguasai wilayah mana pun di Afghanistan, namun beberapa militannya kerap menyerang kelompok minoritas di sana. ISIS juga beberapa kali pernah menyerang petugas keamanan Taliban.
 
Taliban, yang berkuasa di Afghanistan pada Agustus 2021, mengaku akan memberikan lebih banyak perlindungan terhadap masjid-masjid Syiah dan fasilitas lainnya.
 
Sayed Kazum Hojat, seorang cendekiawan Syiah di Kabul, mengatakan bahwa Taliban memang telah meningkatkan keamanan menjelang Asyura. Namun ia juga meminta Taliban untuk meningkatkan kewaspadaan.
 
Afghanistan belum memperbarui data sensus mereka sejak lama, dengan jumlah komunitas Syiah di negara tersebut berkisar 10-20 persen dari total 39 juta populasi. Kelompok ini kerap menjadi target serangan ISIS, kelompok Sunni berhaluan ekstrem.
 
(WIL)




LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif