Juru bicara Kemenlu Iran, Saeed Khatibzadeh (AFP)
Juru bicara Kemenlu Iran, Saeed Khatibzadeh (AFP)

Iran Bantah Petinggi al-Qaeda Dibunuh Israel di Teheran

Internasional amerika serikat al qaeda iran israel
Willy Haryono • 14 November 2020 19:04
Teheran: Iran membantah laporan media The New York Times bahwa orang nomor dua di kelompok al-Qaeda, Abdullah Ahmed Abdullah, tewas dibunuh agen intelijen Israel di Teheran. Juru bicara Kemenlu Iran, Saeed Khatibzadeh, bahkan membantah beberapa anggota al-Qaeda pernah berada di wilayah ibu kota.
 
Khatibzadeh menyarankan media-media AS untuk tidak terperangkap dalam skenario ala Hollywood yang disebutnya sengaja dirancang Pemerintah AS dan Israel.
 
Mengingatkan kembali bahwa al-Qaeda merupakan buah dari kebijakan AS dan mitra-mitranya di kawasan, Khatibzadeh mengatakan bahwa AS dan Israel selalu menggunakan kebohongan dan informasi palsu untuk menuduh Iran terkait dengan grup-grup seperti al-Qaeda.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"AS selalu melayangkan tuduhan palsu kepada Iran, dan hal ini sudah seperti rutinitas harian pemerintahan AS saat ini," kata Khatibzadeh, dilansir dari laman IRNA pada Sabtu, 14 November 2020.
 
"Gedung Putih berusaha mendorong Iranophobia melalui langkah-langkah seperti itu," sambungnya.
 
Ia menambahkan bahwa rentetan tuduhan dari AS sejalan dengan kebijakan Washington dalam mengobarkan perang ekonomi, informasi dan psikologi dengan masyarakat Iran. "Media seharusnya tidak menjadi pengeras suara bagi Gedung Putih yang terus menyebar kebohongan," ungkap Khatibzadeh.
 
Abdullah Ahmed Abdullah, atau dikenal juga dengan Abu Muhammad al-Masri, disebut New York Times ditembak mati dua pria bersepeda motor di jalanan Teheran, Iran, pada 7 Agustus.
 
Pembunuhan al-Masri, yang dipandang sebagai penerus pemimpin al-Qaeda saat ini, Ayman al-Zawahiri, dirahasiakan hingga saat ini.
 
Belum diketahui jelas apa peranan AS dalam pembunuhan al-Masri, tulis New York Times. Selama bertahun-tahun, AS terus memburu Masri dan beberapa militan al-Qaeda lainnya.
 
Masih dari laporan media tersebut, Iran menutup-nutupi kematian al-Masri, dan al-Qaeda juga tidak mengumumkan kematiannya. Tidak ada satu pun negara yang juga mengklaim bertanggung jawab atas kematian al-Masri.
 
Baca:Pasukan Prancis Bunuh Pemimpin Grup Pecahan al-Qaeda
 
(WIL)



FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif