Abdelmalek Droukdel adalah militan asal Aljazair. (Foto: Hand-Out/AFP/File/-)
Abdelmalek Droukdel adalah militan asal Aljazair. (Foto: Hand-Out/AFP/File/-)

Pasukan Prancis Bunuh Pemimpin Grup Pecahan al-Qaeda

Internasional al qaeda isis
Willy Haryono • 06 Juni 2020 07:22
Bamako: Pasukan Prancis membunuh pemimpin kelompok militan Al-Qaeda in the Islamic Maghreb (AQIM), Abdelmalek Droukdel, di Mali bagian utara pada Jumat 5 Juni. Menteri Pertahanan Florence Parly mengatakan, Droukdel tewas diserang pasukan Prancis di dekat perbatasan Aljazair pada Kamis kemarin.
 
Selama ini, AQIM di bawah komando Droukdel sering melancarkan serangan di kawasan Sub-Sahara Sahel.
 
"Banyak rekan dekat Droukdel juga berhasil dinetralisasi," kata Parly, dilansir dari AFP, Sabtu 6 Juni 2020. AQIM merupakan pecahan dari al-Qaeda yang dibentuk oleh sekelompok ekstremis asal Aljazair pada akhir 1990-an.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Prancis juga mengklaim telah berhasil menangkap seorang pemimpin grup Islamic State in the Greater Sahara (EIGS). Grup tersebut biasa melancarkan serangan di perbatasan barat Niger.
 
"Pada 19 Mei, pasukan Prancis menangkap Mohamed el Mrabat, militan veteral di kawasan Sahel dan seorang panglima penting di EIGS," tulis Parly di Twitter.
 
"Operasi melawan EIGS, yang merupakan ancaman teroris lainnya di kawasan ini, terus berlanjut," sambung dia.
 
Pemerintah Prancis mengerahkan sekitar 5.000 personel militer dalam operasi melawan teroris dan ekstremis di kawasan Sahel.
 
Mali berjuang menangani sepak terjang sejumlah kelompok teroris dan grup ekstremis sejak 2012. Gelombang serangan sejak saat itu hingga kini telah menewaskan ribuan personel militer dan warga sipil.
 
Terlepas dari kehadiran ribuan personel militer Prancis dan juga Perserikatan Bangsa-Bangsa, konflik bersenjata terus melanda jantung negara Mali dan meluas ke negara tetangga seperti Burkina Faso dan Niger.
 
(WIL)



FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif