Kegiatan HUT ke-77 RI di Mauritius, 15 Agustus 2022. (KBRI Antananarivo)
Kegiatan HUT ke-77 RI di Mauritius, 15 Agustus 2022. (KBRI Antananarivo)

Diaspora Indonesia di Mauritius Antusias Rayakan HUT ke-77 RI

Willy Haryono • 17 Agustus 2022 09:21
Port Louis: Semarak peringatan hari ulang tahun (HUT) ke-77 Republik Indonesia turut dirasakan diaspora dan Warga Negara Indonesia (WNI) di Mauritius. Meski jauh dari Tanah Air, para WNI dan diaspora Indonesia tetap antusias melaksanakan serangkaian acara peringatan serta kegiatan lomba khas HUT RI di Hotel Casa Florida, Mauritius pada Senin, 15 Agustus lalu.
 
"Kegiatan peringatan HUT RI ini merupakan inisiatif dari WNI di Mauritius dan rutin dilaksanakan setiap tahun. Ini merupakan kegiatan dari kita dan untuk kita," ucap Nurul Hasanah Purbaya, WNI yang menjadi ketua panitia acara.
 
Berdasarkan keterangan tertulis yang diterima Medcom.id, Rabu, 17 Agustus 2022, peringatan HUT ke-77 RI di Mauritius dilakukan sederhana namun penuh makna. Para WNI dengan khidmat mengumandangkan lagu Indonesia Raya, berdoa bersama dan menikmati nasi padang serta berbagai makanan khas Indonesia.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Kegiatan HUT ke-77 RI di Mauritius juga dimeriahkan aneka lomba, antara lain balap karung, lari kelereng serta tarik tambang.
 
"Sungguh merupakan sebuah kebanggaan menyaksikan para diapora Indonesia di Mauritius bergotong-royong merayakan HUT RI. Semangat kebangsaan dan jiwa patriotisme yang mereka miliki ini patut untuk diapresiasi," jelas Dubes Salman Al Farisi, diaspora Indonesia yang saat ini menjabat sebagai Sekjen Indian Ocean Rim Association (IORA) berkedudukan di Mauritius.
 
Perayaan HUT ke-77 RI di Mauritius dihadiri sekitar 100 orang WNI dan diaspora Indonesia serta Konsul Kehormatan RI di Mauritius, Salim G. Joonas. Kegiatan HUT RI menjadi sarana silaturahmi para diaspora Indonesia dan sekaligus melepas kerinduan terhadap tanah air.
 
Di samping itu, kegiatan tersebut juga bertujuan untuk terus memupuk persatuan dan rasa cinta Indonesia, khususnya bagi generasi muda yang lahir dan besar di Mauritius.
 
Benny Siahaan, Kuasa Usaha Tetap RI di Antananarivo untuk Republik Madagaskar merangkap Republik Mauritius, Republik Seychelles dan Uni Komoro, menyampaikan bahwa saat ini terdapat sekitar 150 orang WNI yang tinggal di Mauritius. Para WNI tersebut merupakan pekerja di berbagai sektor, antara lain perhotelan, otomotif, pertambangan, pengolahan ikan, organisasi internasional, ABK serta WNI yang menikah dengan warga Mauritius. 
 
Republik Mauritius merupakan negara kepulauan yang berada di Samudra Hindia, sekitar 2.000 kilometer dari pantai tenggara benua Afrika, tepatnya di sebelah timur Madagaskar.
 
Dengan keindahan alam, letak strategis dan keragaman budaya yang dimiliki, Mauritius menjadi salah negara yang menjadi primadona wisatawan mancanegara. Saat ini Mauritius memiliki sekitar 1,2 juta penduduk keturunan India, Tiongkok, Afrika dan Eropa.
 
Baca:  Sambut HUT ke-77 RI, WNI dan Diaspora Ikuti Gowes Merdeka di San Francisco

 
(WIL)




LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif