Pasukan koalisi Arab Saudi cegat kembali drone penyerang dari Houthi. Foto: AFP
Pasukan koalisi Arab Saudi cegat kembali drone penyerang dari Houthi. Foto: AFP

Koalisi Arab Saudi Kembali Cegat Serangan Drone dari Houthi di Yaman

Internasional konflik yaman arab saudi pemberontak houthi
Fajar Nugraha • 18 September 2020 06:10
Riyadh: Pasukan koalisi pimpinan Arab Saudi yang bertempur di Yaman mengatakan, pada Kamis 17 September 2020 bahwa mereka mencegat dan menghancurkan drone peledak yang diluncurkan ke arah wilayah Arab Saudi.
 
“Pemberontak Houthi di Yaman telah meluncurkan drone ke sasaran sipil di wilayah selatan Arab Saudi di Khamis Mushait. Wilayah ini berdekatan dengan perbatasan,” ujar Juru Bicara pasukan koalisi kolonel Turki Al Malki, seperti dikutip The National, Jumat 18 September 2020.
 
Houthi mengklaim bahwa mereka membidik Bandara Abha. Ini adalah sebuah kompleks sipil yang telah menjadi sasaran pemberontak Yaman berkali-kali dalam dua tahun terakhir.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Mereka mengklaim, banyak serangan telah dicegat tetapi beberapa menyebabkan kerusakan, kematian dan luka-luka.
 
Yaman telah terperosok dalam konflik selama lebih dari lima tahun sejak pemberontak Houthi utara menyerbu ibu kota pada 2014. Serangan itu mendorong pemerintah untuk meminta dukungan regional.
 
Koalisi pimpinan Saudi melakukan intervensi pada Maret 2015 untuk memulihkan pemerintah Yaman yang dicopot dari kekuasaan di ibu kota Sanaa.
 
PBB sedang berusaha agar pemerintah Yaman dan Houthi mencapai kesepakatan untuk mengakhiri perang dan meredakan krisis kemanusiaan di negara termiskin di Semenanjung Arab.
 
Delegasi dari pihak yang bertikai akan bertemu di Swiss minggu ini untuk pembicaraan tentang kesepakatan pertukaran tahanan yang ditengahi PBB.


Kecaman Indonesia

Serangan yang terus menerus diarahkan ke Arab Saudi dan negara tetangga dikecam keras oleh Pemerintah Indonesia. Ini disampaikan oleh Menteri Luar Negeri Retno Marsudi kepada Menteri Luar Negeri Saudi, Pangeran Faisal Bin Farhan Al Saud pada Selasa, 15 September 2020 dalam pertemuan Dewan Keamanan PBB.
 
Baca: Kepada Menlu Saudi, Indonesia Sampaikan Kecaman atas Serangan Houthi.
 
"Indonesia menyerukan agar semua pihak dapat menahan diri dan segera menyepakati perjanjian perdamaian yang digagas oleh Utusan Khusus Sekjen PBB," kata Retno dalam jumpa pers virtual, Kamis, 17 September 2020.
 
"Indonesia juga mengecam serangan yang dilakukan pihak Houthi ke wilayah negara tetangga, termasuk ke Saudi Arabia," imbuhnya.
 
"Indonesia prihatin dengan perkembangan dan peningkatan ketegangan terkini yang terjadi di Yaman, terutama dampaknya terhadap isu kemanusiaan," tutur Retno.
 
Situasi di Yaman ini dibahas dalam pertemuan Sidang Dewan Keamanan PBB, 15 September lalu. Pertemuan antara lain mendengarkan penyampaian Utusan Khusus Sekretaris Jenderal PBB, Martin Griffith, dan Wakil Sekjen PBB untuk Urusan Kemanusiaan, Mark Lowcock.
 
(FJR)



FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif