Sekretariat DPD RI melakukan studi banding ke Afrika Selatan. (Kemenlu RI)
Sekretariat DPD RI melakukan studi banding ke Afrika Selatan. (Kemenlu RI)

Sekretariat DPD RI Lakukan Studi Banding ke Parlemen Afrika Selatan

Willy Haryono • 06 Agustus 2022 11:25
Cape Town: ?Pada tanggal 31 Juli-3 Agustus 2022, sekretariat Dewan Perwakilan Daerah yang dipimpin Sekretaris Jenderal DPD RI, Bapak Dr. Rahman Hadi melakukan kunjungan kerja studi banding ke Parlemen Afrika Selatan di Cape Town.
 
Anggota delegasi terdiri dari Dra. Mesranian, M.Dev.Plg, Kepala Biro Persidangan II; Hartawan, S.IP, Kepala Biro Keuangan; Mahyu Darma, S.H., M.H, Kepala Biro Protokol dan Media; Nurul Husna, S.Si dan Rehan Febri Herdamanu, ST, sekretariat DPD.
 
Kunjungan kerja studi banding sekretariat DPD RI ke parlemen Afrika Selatan bertujuan untuk mengetahui mekanisme dan administrasi sekretariat parlemen Afsel dalam mendukung tugas anggota DPD setempat (National Council of Provinces); mengetahui mekanisme persidangan di parlemen Afsel; dan mengetahui pola pertanggungjawaban keuangan masing-masing anggota DPD.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Berdasarkan keterangan di situs Kementerian Luar Negeri, Jumat, 5 Agustus 2022, hal-hal yang dibahas dalam pertemuan delegasi DPD RI dengan sekretariat parlemen Afsel adalah:
 
1.1  Gedung parlemen Afrika Selatan mengalami musibah kebakaran pada awal Januari tahun 2022. Gedung parlemen tersebut belum direnovasi hingga saat ini. Anggota parlemen menggunakan sebagian ruang sekretariat parlemen untuk tugas keseharian. Ditambah dengan kondisi pandemi yang terjadi, fungsi sekretariat dalam melayani anggota parlemen Afsel maupun tugas administrasi menjadi terdampak.
 
1.2  Anggota DPD Afrika Selatan berjumlah 90 orang yang berasal dari sembilan provinsi di Afrika Selatan. Setiap provinsi terdiri atas 10 orang anggota DPD (National Council of Provinces). Menteri (pembantu presiden) juga tetap merupakan anggota parlemen.
 
1.3  House of Parliament Afsel terdiri dari gabungan antara 400 anggota parlemen (National Assembly) dan 90 anggota DPD (National Council of Provinces).
 
1.4  Sekretariat parlemen Afsel merupakan sekretariat bersama yang diperuntukan untuk mendukung kerja anggota DPR (National Assembly) maupun anggota DPD (National Council of Provinces). Tidak seperti halnya Indonesia, anggota sekretariat parlemen Afsel bukan merupakan pegawai sipil negara.
 
1.5  Semua persidangan terbuka untuk umum kecuali terkait isu intelijen dan disiarkan melalui platform media sosial. Publik juga dapat mengikuti persidangan secara langsung dengan terlebih dahulu mengajukan permohonan secara online.
 
Kegiatan berjalan dengan baik. Sekretaris Jenderal DPD RI menyampaikan ucapan terima kasih atas penerimaan sekretariat parlemen Afsel dan mengundang mereka untuk hadir ke Indonesia.
 
Delegasi mendapatkan data dan informasi yang komprehensif terkait peranan dan tugas sekretariat parlemen Afsel dalam mendukung kerja dan tugas anggota DPD. Delegasi melakukan tukar informasi dan pendalaman materi dengan sekretariat parlemen Afsel serta melakukan kunjungan ke parlemen Afsel pada hari terakhir.
 
Baca:  KBRI Pretoria Luncurkan Buku Kolaborasi Penulis Afrika Selatan dan Indonesia
 
(WIL)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif