Presiden Ebrahim Raisi berbicara di parlemen Iran di Teheran, 21 Agustus 2021. (ATTA KENARE / AFP)
Presiden Ebrahim Raisi berbicara di parlemen Iran di Teheran, 21 Agustus 2021. (ATTA KENARE / AFP)

Ebrahim Raisi Tegaskan Iran Ingin Bekerja Sama dengan Semua Negara

Willy Haryono • 27 September 2021 10:05
Teheran: Presiden Iran Ebrahim Raisi menegaskan bahwa Teheran ingin bekerja sama dengan semua negara di bawah landasan semangat saling menghormati. Pernyataan Raisi dimuat di situs Kementerian Luar Negeri Iran pada hari Minggu, 26 September.
 
Dalam pernyataan usai bertemu Duta Besar Inggris untuk Iran Simon Shercliff, Raisi menegaskan bahwa kerja sama juga dibutuhkan untuk bisa terbebas dari "dampak sistem hegemoni."
 
"Cara terbaik untuk bekerja sama dengan Iran adalah melalui prinsip saling menghormati," tegas Raisi, dilansir dari laman Xinhua, Senin, 27 September 2021.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Iran tidak dapat menerima pernyataan keliru atau yang tidak bisa dibenarkan," sambungnya.
 
Masih dalam pertemuannya dengan Shercliff, Raisi mengaku menyayangkan bahwa saat ini, isu hak asasi manusia (HAM) telah dijadikan senjata politik negara tertentu dalam menyerang sejumlah negara lain.
 
Raisi kemungkinan besar merujuk pada Amerika Serikat yang selama ini 'rewel' melayangkan kecaman terkait dugaan pelanggaran HAM terhadap sejumlah negara, termasuk Iran.
 
Sebelumnya, Raisi telah berbicara di Sidang ke-76 Majelis Umum Perserikatan Bangsa-Bangsa. Dalam pidato perdananya di PBB sebagai presiden Iran itu, Raisi melontarkan kecaman kepada AS yang terus menjatuhkan sanksi kepada Teheran.
 
Menurut Raisi, sanksi ekonomi AS terhadap Iran dapat disebut sebagai "sebuah mekanisme perang."
 
Pernyataan keras Raisi berbeda dengan pendekatan yang dilakukan pendahulunya, Hassan Rouhani. Biasanya, Rouhani selalu mengambil pendekatan moderat saat berbicara di Sidang Majelis Umum PBB.
 
Baca:  Presiden Iran Ebrahim Raisi Kecam AS dalam Pidato Perdana di PBB
 
(WIL)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif