Jemaah haji asal Uni Komoro diterbangkan dengan pesawat Lion Air. (KBRI Antananarivo)
Jemaah haji asal Uni Komoro diterbangkan dengan pesawat Lion Air. (KBRI Antananarivo)

Jemaah Haji Kloter Pertama Uni Komoro Berangkat Pakai Pesawat Lion Air

Marcheilla Ariesta • 25 Juni 2022 08:20
Moroni: Kedekatan Uni Komoro dengan Indonesia terus terjalin. Kali ini, kloter pertama jemaah haji asal negara Afrika tersebut terbang ke Mekkah menggunakan pesawat dari maskapai Indonesia, Lion Air.
 
Kepala Badan Nasional Haji dan Umrah Uni Komoro, Abdoulfatah Said melepas rombongan kloter pertama pada Kamis, 23 Juni 2022. Kloter pertama terdiri dari 188 jemaah haji.
 
"Kami datang langsung ke bandara pada hari ini, dini hari guna mengawasi kelancaran penerbangan kloter pertama Jemaah haji asal Uni Komoro," ujar Abdoulfatah Said, dikutip dari keterangan tertulis KBRI Antananarivo, Jumat, 24 Juni 2022.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Sebelumnya, Presiden Uni Komoro Azali Assoumani menghadiri upacara pelepasan jemaah haji Uni Komoro di Rumah Wanita Moroni. Acara tersebut turut dihadiri oleh beberapa jajaran Pemerintah.
 
"Kami selaku Kepala Negara Uni Komoro mendoakan agar Allah mengabulkan jemaah haji ini sebagai haji yang mabrur, yang penuh berkah, rahmat dan diberikan pengampunan dosa bagi seluruh umat Islam. Teriring doa dari kami, semoga jamaah haji yang sedang menjalankan ibadah diberikan pahala yang tidak ada bandingannya, yaitu surga yang dijanjikan oleh Allah SWT. Amin YRA," ujar Presiden Uni Komoro dalam sambutannya.
 
Pada 12 Juni 2022, Assoumani meresmikan kapal Falk Njema yang dibeli dari Indonesia senilai USD1,5 juta (setaraRp20,5 miliar). Kapal tersebut merupakan karya anak bangsa dari sebuah perusahaan galangan kapal di Kalimantan.
 
Dalam sambutannya  saat peresmian kapal Falk Njema, Assoumani menyampaikan ucapan terima kasih kepada Indonesia yang menjual kapal dengan harga 'miring', namun kualitas mumpuni.
 
Pemerintah Arab Saudi tahun ini menggelar ibadah Haji secara terbuka setelah hampir tiga tahun berturut turut dilakukan secara terbatas, karena pandemi Covid-19. Sebelumnya, akibat wabah tersebut ibadah haji hanya dilakukan oleh warga lokal dan ekspatriat yang sudah berada di Arab Saudi minimal 6 bulan sebelumnya.
 
Jamaah calon haji dari berbagai pelosok dunia, termasuk dari Uni Komoro mulai berdatangan ke Arab Saudi, untuk menjalankan kewajiban rukun Islam yang kelima. Seperti diketahui untuk musim haji tahun ini, Pemerintah Kerajaan Arab Saudi memperbolehkan jamaah dari luar negeri antara lain dari Indonesia dan Uni Komoro untuk menjalankan ibadah haji, di Tanah Suci.
 
Baca:  Ini Kriteria Jemaah yang Bisa Dibadalhajikan
 
(WIL)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif