Presiden baru Israel Isaac Herzog. (EMMANUEL DUNAND / AFP)
Presiden baru Israel Isaac Herzog. (EMMANUEL DUNAND / AFP)

Presiden Israel Berkomitmen Pertahankan Dialog dengan Palestina

Willy Haryono • 12 Juli 2021 07:26
Tel Aviv: Presiden baru Israel Isaac Herzog mengatakan bahwa dirinya berkomitmen untuk mempertahankan dialog dengan Presiden Palestina Mahmoud Abbas. Sebelumnya, Abbas telah mengucapkan selamat kepada Herzog atas jabatan presiden.
 
"Saya telah berbicara dengan kepala Otoritas Palestina, Mahmoud Abbas, yang mengucapkan selamat kepada saya tadi malam," tutur Herzog, dilansir dari laman Anadolu Agency pada Senin, 12 Juli 2021.
 
"Sebagai balasannya, saya menekankan bahwa saya berniat untuk mempertahankan dialog dengan dirinya seperti beberapa presiden terdahulu," sambung dia via Twitter.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Ia juga menyampaikan harapannya dalam "membantu mendorong peningkatan hubungan (Palestina-Israel) dan harapan mencapai perdamaian antar kedua masyarakat."
 
Menurut laporan kantor berita WAFA, Abbas menekankan kepada Herzog bahwa mencapai perdamaian abadi di Gaza, Tepi Barat, dan Yerusalem merupakan hal yang sangat penting.
 
Sebelumnya, saluran televisi Israel Channel 12 melaporkan bahwa Abbas telah menuliskan daftar permintaan jika dialog damai antara Palestina dan Israel dihidupkan kembali.
 
Dialog antara Palestina dan Israel terhenti pada April 2014. Kala itu, Israel menolak membebaskan sejumlah narapidana Palestina sebelum 1993 dan juga tidak bersedia menghentikan aktivitas pembangunan permukiman di tanah pendudukan.
 
Di bawah aturan internasional, semua permukiman Israel di tanah pendudukan Palestina berstatus ilegal.
 
Baca:  Konflik Tiada Akhir Palestina-Israel
 
(WIL)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif