Presiden AS Donald Trump. (Foto: AFP)
Presiden AS Donald Trump. (Foto: AFP)

Iran Rilis Surat Penangkapan untuk Donald Trump

Internasional as-iran Qassem Soleimani
Willy Haryono • 30 Juni 2020 07:49
Teheran: Iran telah merilis sebuah surat penangkapan untuk Presiden Amerika Serikat Donald Trump dan puluhan pejabat lainnya terkait peran mereka dalam pembunuhan jenderal Qassem Soleimani pada Januari lalu. Teheran juga meminta bantuan Kepolisian Internasional (Interpol) untuk membantu penangkapan Trump.
 
Jaksa asal Iran, Ali Alqaismehr, menyampaikan perihal surat penangkapan tersebut dalam sebuah rapat bersama jajaran petinggi hukum Iran pada Senin 29 Juni 2020.
 
Dilansir dari Middle East Eye, surat penangkapan itu dikeluarkan untuk 36 individu, termasuk politisi dan petinggi militer dari AS dan beberapa pemerintahan lainnya. Tuntutan dalam surat penangkapan itu meliputi "pembunuhan" dan "aksi terorisme."

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Presiden Donald Trump berada di urutan teratas dalam daftar tersebut, dan proses penuntutannya akan terus dikejar meski masa jabatannya sudah berakhir," ujar Alqaismehr.
 
Interpol belum merespons permintaan Iran. Namun, organisasi yang berbasis di Lyon, Prancis, itu kemungkinan besar tidak akan merespons permintaan Iran karena adanya peraturan yang melarang "segala bentuk intervensi atau aktivitas seputar isu politik."
 
Soleimani tewas dalam serangan pesawat tanpa awak (drone) AS di area Bandara Internasional Baghdad di Irak pada 2 Januari. Mantan kepala Pasukan Quds dari Korps Garda Revolusioner Iran (IRGC) itu tewas di samping wakil ketua Pasukan Mobilisasi Populer Irak (PMF), Abu Mahdi al-Muhandis.
 
Serangan terhadap Soleimani memicu balasan cepat dari IRGC, yang meluncurkan misil balistik ke arah pasukan AS di Irak. Sementara PMF bertekad akan membalas kematian al-Muhandis dengan cara mereka sendiri.
 

(WIL)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif