Asap mengepul dari sebuah kilang minyak ilegal di Nigeria, 19 April 2017. (STEFAN HEUNIS / AFP)
Asap mengepul dari sebuah kilang minyak ilegal di Nigeria, 19 April 2017. (STEFAN HEUNIS / AFP)

Lebih dari 50 Orang Tewas dalam Ledakan di Kilang Minyak Ilegal Nigeria

Internasional kilang minyak ledakan nigeria nigeria
Willy Haryono • 24 April 2022 09:31
Abuja: Lebih dari 50 orang tewas dan banyak lainnya terluka dalam ledakan di sebuah kilang minyak ilegal di Nigeria tenggara. Menurut laporan surat kabar Punch, Sabtu, 23 April 2022, korban tewas bahkan bisa mencapai lebih dari 100 orang.
 
Kebakaran di kilang minyak ilegal di Nigeria terjadi pada Jumat maam, dan dengan cepat menyebar ke area penyimpanan bahan bakar. Alhasil, keseluruhan kompleks kilag minyak ilegal itu dilalap api dengan cepat.
 
"Penyebab pasti kebakaran dan ledakan belum diketahui. Jumlah pasti korban tewas dan luka serta kerusakan bangunan juga masih diinvestigasi, kata Declan Emelumba, komisaris badan informasi negara bagian Imo, dikutip dari NBC News, Minggu, 24 April 2022.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Serangkaian video di media sosial memperlihatkan pemandangan mengerikan. Sejumlah jasad manusia, beberapa di antaranya bahkan hangus dan hanya tersisa tulang belulang, terlihat di lokasi kejadian. Kebenaran beberapa video tersebut belum dapat diverifikasi.
 
"Banyak orang meninggal. Semua korban tewas adalah operator (kilang minyak) ilegal," ujar Michael Abattam, juru bicara Komando Kepolisian Negara Bagian Imo.
 
Pemerintah Imo sedang mencari pemilik kilang minyak tersebut, dan kini telah menetapkannya sebagai buronan.
 
Kilang minyak illegal merupakan hal umum di Nigeria, di mana operatornya berusaha menghindari regulasi pemerintah dan aturan pajak. Penghindaran ini dilakukan dengan cara membangun kilang ilegal di area terpencil.
 
Nigeria adalah penghasil minyak mentah terbesar di benua Afrika, namun hanya memiiki sedikit kilang resmi. Oleh karenanya, sebagian besar bensin dan bahan bakar lain untuk keperluan warga Nigeria diimpor dari negara lain. Situasi ini membuka ruang bagi bermuncuannya operator kilang minyak ilegal.
 
Baca:  Militan Bunuh Empat Penjaga di Perusahaan Minyak Nigeria
 
(WIL)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif