Bentrokan terbaru pasukan Israel dengan warga Palestina di kompleks Masjid Al-Aqsa./AFP
Bentrokan terbaru pasukan Israel dengan warga Palestina di kompleks Masjid Al-Aqsa./AFP

14 Warga Palestina Patah Tulang dalam Bentrokan Terbaru di Al-Aqsa

Internasional Palestina israel palestina Israel Masjid Al-Aqsa
Marcheilla Ariesta • 05 Mei 2022 20:45
Yerusalem: Bentrokan terbaru di kompleks Masjid Al-Aqsa antara Muslim Palestina dan pasukan Israel melukai setidaknya 16 warga sipil. Sebanyak 14 orang dilaporkan mengalami patah tulang.
 
Bulan Sabit Merah melaporkan, dua orang terluka akibat pemukulan. Kini semua korban luka dibawa ke rumah sakit untuk perawatan.
 
Sekitar 50 pria Palestina, kata Al Jazeera, Kamis, 5 Mei 2022, termasuk orang tua dan anak-anak ditangkap dan dikawal keluar dari kompleks Bab al-Silsila (Gerbang Rantai).

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Sebanyak 14 orang mengalami patah tulang akibat peluru berlapis karet dan yang lainnya terluka karena gas air mata," tutur pusat medis lapangan Sama al-Quds.
 
Baca juga: Bentrokan Terbaru di Kompleks Masjid Al-Aqsa, 12 Orang Dilaporkan Terluka
 
Penyerangan ini kembali terjadi usai perayaan Idulfitri umat Muslim Palestina. Menurut laporan, sebanyak 600 pemukim menyerbu kompleks tersebut melalui Gerbang Maroko antara pukul 07.00-11.00 waktu setempat.
 
Serangan pemukim di bawah perlindungan polisi ke Kompleks Masjid Al-Aqsa dilanjutkan setelah jeda 10 hari selama hari-hari terakhir Ramadan.
 
Hamas mengatakan serangan pemukim adalah eskalasi serius dan provokasi langsung. "Serangan ini mengancam ledakan komprehensif di mana pemerintah pendudukan memikul tanggung jawab penuh," kata kelompok itu dalam pernyataannya.
 
Israel merayakan pendiriannya 74 tahun yang lalu pada hari Kamis sesuai dengan kalender Yahudi, yang disebut sebagai Hari Kemerdekaan. Orang-orang Palestina memperingati hari pada tanggal 15 Mei sebagai Nakba atau malapetaka.
 
Tempat suci itu telah menjadi pusat kekerasan selama berhari-hari di tengah meningkatnya ketegangan menyusul serangkaian serangan di dalam wilayah Israel dan penyerbuan di Yerusalem Timur dan Tepi Barat yang diduduki.
 
Tahun lalu, meningkatnya ketegangan seputar pengusiran keluarga Palestina dari rumah mereka di Yerusalem adalah awal meluasnya protes Palestina di seluruh Israel dan wilayah Palestina yang diduduki.
 
(FJR)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif