Aktivitas di salah satu pasar di Burkina Faso. (Foto: AFP)
Aktivitas di salah satu pasar di Burkina Faso. (Foto: AFP)

Serangan di Pasar Ternak Burkina Faso Tewaskan 20 Orang

Internasional burkina faso
Willy Haryono • 08 Agustus 2020 13:03
Ouagadougou: Sekelompok pria bersenjata yang belum teridentifikasi membunuh sekitar 20 orang dalam serangan di sebuah pasar hewan ternak di Burkina Faso. Serangan dilakukan saat pasar tersebut tengah dikunjungi banyak orang.
 
"Sejumlah individu bersenjata menyerbu pasar ternak di desa Namoungou di wilayah Fada N'Gourma. Mereka menyerang masyarakat lokal," kata Gubernur Fada N'Gourma, Kolonel Saidou Sanou.
 
"Menurut laporan awal, sekitar 20 orang tewas dan sejumlah lainnya terluka," sambung dia, dikutip dari laman Al Jazeera, Sabtu 8 Agustus 2020.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Hingga saat ini, belum ada grup yang mengklaim bertanggung jawab atas serangan di pasar ternak tersebut.
 
Mei lalu, sekelompok pria bersenjata membunuh 25 orang di sebuah pasar ternak di desa Kompienga. Burkina Faso terus berjuang menghadapi sejumlah grup bersenjata terkait al-Qaeda dan Islamic State (ISIS) sejak 2017.
 
Ratusan orang tewas dibunuh dalam setahun terakhir di Sahel, dan lebih dari setengah juta warga di kawasan Afrika tersebut melarikan diri dari rumah mereka masing-masing akibat tingginya aksi kekerasan.
 
Dalam lima tahun terakhir, lebih dari 900 orang di Afrika tewas dibunuh sejumlah grup bersenjata, sedangkan 860 ribu lainnya telah melarikan diri dari rumah mereka masing-masing.
 
Burkina Faso, salah satu negara di kawasan Sahel, ikut ambil bagian dalam upaya memberantas sejumlah grup ekstremis bersama Mali, Niger, Mauritania, dan Chad.
 
Pasukan Sahel ini, yang kurang memiliki persenjataan lengkap dan juga minim latihan, didukung sekitar 5.000 personel militer Prancis.
 
Menurut data Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB), aksi kekerasan di Burkina Faso, Mali, dan Niger diestimasi telah menewaskan 4.000 orang tahun lalu.
 
(WIL)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif