Kerusakan akibat ledakan di Beirut, Lebanon, 4 Agustus 2020. (Foto: AFP)
Kerusakan akibat ledakan di Beirut, Lebanon, 4 Agustus 2020. (Foto: AFP)

PBB Dorong Pembentukan Pemerintahan Baru Lebanon

Internasional Ledakan Lebanon
Willy Haryono • 12 Agustus 2020 13:18
Beirut: Perserikatan Bangsa-Bangsa mendorong otoritas Lebanon untuk mempercepat pembentukan pemerintahan baru setelah pengunduran diri Perdana Menteri Hassan Diab beserta jajaran kabinetnya. Pemerintaha baru merupakan hal krusial bagi Lebanon untuk segera pulih setelah terjadinya ledakan di Beirut yang menewaskan 220 orang.
 
Dalam pernyataannya, Koordinator Khusus PBB untuk Lebanon Jan Kubis menyerukan pembentukan pemerintahan baru yang memenuhi aspirasi warga. Pemerintah baru Lebanon nantinya harus dapat mengatasi berbagai tantangan dan problematikan saat ini.
 
Kubis juga menekankan pentingnya menghindari "kekosongan pemerintahan yang terlalu lama."

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Terdapat kebutuhan kemanusiaan mendesak yang harus segera ditangani. Reformasi diperlukan sesegera mungkin untuk memulihkan kepercayaan masyarakat Lebanon dan juga komunitas internasional," ujar Kubis, dikutip dari laman Anadolu Agency, Rabu 12 Agustus 2020.
 
Ledakan dahsyat mengguncang pelabuhan Beirut pada 4 Agustus, yang menewaskan 220 orang dan melukai ribuan lainnya. Ledakan berasal dari 2.750 ton amonium nitrat yang tersimpan di gudang pelabuhan selama enam tahun.
 
Imbas ledakan menghancurkan banyak bangunan di ibu kota, dan membuat ratusan ribu orang kehilangan tempat tinggal. Tragedi terjadi saat Lebanon sudah kesulitan menghadapi krisis ekonomi dan juga pandemi virus korona (covid-19).
 
Setelah terjadinya ledakan, ribuan warga Lebanon turun ke jalan dan mengecam pemerintah atas kelalaian berujung korban jiwa. PM Hassan Diab dan jajaran kabinetnya pun mengundurkan diri di bawah tekanan massa.
 
Sebelumnya, PM Hassan Diab menegaskan bahwa pemilihan umum dini adalah solusi krusial untuk mengatasi krisis di Lebanon.
 
(WIL)



FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif