Pesawat jet tempur F-15 milik Israel. (Foto: AFP)
Pesawat jet tempur F-15 milik Israel. (Foto: AFP)

Israel Gempur Situs Bawah Tanah Hamas di Gaza

Internasional palestina israel hamas
Willy Haryono • 06 Juli 2020 12:18
Tel Aviv: Israel mengaku telah melancarkan serangan udara terhadap sejumlah fasilitas kelompok Hamas di Jalur Gaza. Israel mengklaim serangan itu merupakan balasan dari peluncuran tiga roket yang berasal dari arah Gaza pada Minggu 5 Juli.
 
"Untuk merespons tiga roket yang ditembakkan ke Israel tadi malam, Pasukan Udara kami telah menggempur infrastruktur bawah tanah Hamas di Gaza," kata Pasukan Pertahanan Israel (IDF) via Twitter, dilansir dari laman Tass, Senin 6 Juli 2020.
 
"Kami menilai Hamas bertanggung jawab atas peluncuran tiga roket tersebut," sambungnya.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


IDF menyebut salah satu roket yang ditembakkan dari arah Gaza berhasil ditembak sistem pertahanan udara Iron Dome. Stasiun radio Kan asal Israel melaporkan bahwa serangan roket dari arah Gaza tidak menimbulkan kerusakan maupun menelan korban.
 
Sebelumnya, serangan roket serupa telah diluncurkan dari arah Gaza ke Israel pada 15 dan 26 Juni, 6 Mei, dan 27 Maret. IDF merespons rangkaian serangan itu dengan menggempur beberapa fasilitas militer Hamas.
 
Pada akhir Februari, saat lebih dari 80 roket ditembakkan ke wilayah Israel, IDF menggempur sejumlah militan di wilayah selatan Damaskus, Suriah, dan juga beberapa lainnya di Gaza.
 
Juni lalu, jet tempur Israel menggempur sejumlah target di area pertanian di Jalur Gaza. Kementerian Kesehatan Gaza mengonfirmasi tidak adanya korban jiwa maupun luka dalam serangan tersebut.
 
Beberapa target yang diserang Israel saat itu diketahui merupakan milik Hamas. Israel mengklaim serangan tersebut mengenai sejumlah "gudang" amunisi dan roket Hamas.
 
Hamas dan Israel telah terlibat dalam tiga perang dalam beberapa tahun terakhir. Perang terakhir pada 2014 menewaskan 2.251 warga Palestina dan 74 dari kubu Israel.
 

(WIL)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif