Warga New York peringati Hari Nakba./AFP
Warga New York peringati Hari Nakba./AFP

Ribuan Masyarakat Dunia Ikut Peringati Hari Nakba

Marcheilla Ariesta • 16 Mei 2022 22:47
Gaza: Unjuk rasa Hari Nakba tidak hanya dilakukan di Palestina, tapi juga di beberapa kota di Amerika Serikat (AS), Australia, dan tempat lain di dunia. Ribuan demonstran pro-Palestina bersatu memperingati 74 tahun pengusiran paksa hampir 800 ribu warga Palestina dari tanah mereka.
 
Sekitar dua ribu orang berkumpul di daerah Bay Ridge di Brooklyn di New York. Mereka meneriakkan, "Bebaskan Palestina."
 
Mereka mengibarkan bendera Palestina dan memegang plakat bertuliskan “Akhiri Apartheid Israel” dan “Kebebasan untuk Gaza.”

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Banyak pengunjuk rasa mengenakan syal keffiyeh hitam dan putih, dan merah dan putih, sementara pengemudi membunyikan klakson mobil dan pengendara sepeda motor menyalakan mesin mereka saat matahari terbenam.
 
Baca juga: Peringatan Hari Nakba, Ratusan Orang Kecam Pembunuhan Jurnalis Palestina
 
Beberapa orang Yahudi juga menghadiri unjuk rasa tersebut. "Saya di sini karena saya ingin kehidupan Palestina setara dengan kehidupan Israel dan hari ini tidak," kata Emraan Khan, seorang ahli strategi perusahaan dari Manhattan, sambil mengibarkan bendera Palestina.
 
"Warga Palestina memiliki hak untuk hidup bebas dan anak-anak di Gaza tidak boleh dibunuh," kata Alison Zambrano, seorang mahasiswa berusia 20 tahun.
 
Ribuan orang di London juga memperingati Hari Nakba dengan memberi penghormatan kepada jurnalis Palestina yang baru-baru ini terbunuh, Shireen Abu Alkeh.
 
Di tempat lain di kota Montreal Kanada, beberapa ribu orang menyerukan “pembebasan Palestina” selama demonstrasi massal. Para pengunjuk rasa juga mengecam "kejahatan perang" yang dilakukan oleh pasukan Israel di Gaza, dan membawa plakat yang mengutuk rezim Tel Aviv karena melanggar hukum internasional.
 
Selain itu, ribuan orang berbaris melalui jalan-jalan di kota-kota Australia di Sydney dan Melbourne dalam solidaritas dengan orang-orang yang tinggal di wilayah Palestina yang diduduki.
 
Di Sydney, pria, wanita dan anak-anak mengibarkan bendera dan plakat sambil meneriakkan "Hidup Palestina". Sementara itu, di pusat kota Melbourne, pengunjuk rasa yang memegang bendera Palestina memperingati Hari Nakba.
 
Orang-orang Palestina menyebut pendirian Israel tahun 1948 sebagai Nakba. Dalam bahasa Arab, Nakba berarti malapetaka.
 
Ratusan ribu orang Palestina melarikan diri atau diusir selama perang 1948, ketika negara Yahudi yang baru lahir itu 'berjuang' untuk bertahan hidup.
 
(WIL)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif