Pasukan penjaga perdamaian PBB di Lebanon. Foto: AFP
Pasukan penjaga perdamaian PBB di Lebanon. Foto: AFP

PBB Kutuk Serangan Terhadap Pasukan Penjaga Perdamaian Lebanon

Internasional pbb Lebanon Pasukan Perdamaian PBB
Fajar Nugraha • 06 Januari 2022 11:50
New York: Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) mengecam penyerangan terhadap pasukan perdamaian di Lebanon Selatan. Juru Bicara PBB Stephane Dujarric mengatakan, serangan itu tidak dapat diterima.
 
“Pasukan penjaga perdamaian -,United Nations Interim Force in Lebanon (UNIFIL),- diserang Selasa malam oleh 'pelaku tak dikenal'," kata Dujarric, seperti dikutip AFP, Kamis 6 Januari 2022.
 
Baca: Penjaga Perdamaian PBB di Lebanon Diserang Kelompok Tak Dikenal.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Kendaraan PBB mereka dirusak dan barang-barang resmi dicuri," imbuh Dujarric, tanpa merinci sifat kerusakan atau keadaan para korban.
 
Dia mencatat bahwa penjaga perdamaian tidak berada di properti pribadi atau mengambil foto.  “Fakta ini bertentangan dengan beberapa disinformasi media berikutnya,” tegasnya.
 
Dujarric menegaskan, para pasukan itu sedang dalam perjalanan untuk menemui anggota Angkatan Bersenjata Lebanon untuk ‘patroli rutin’.
 
"Penolakan kebebasan bergerak UNIFIL dan agresi apa pun terhadap mereka yang melayani tujuan perdamaian tidak dapat diterima," tutur Dujarric.
 
PBB pun meminta pemerintah Lebanon untuk menyelidiki dengan cepat dan menyeluruh, dan menuntut semua yang bertanggung jawab atas kejahatan ini.
 
UNIFIL -,terdiri dari sekitar 13.000 penjaga perdamaian PBB,- telah beroperasi di Lebanon selatan sejak 1978. Mereka bertanggung jawab untuk memantau gencatan senjata di sepanjang perbatasan dengan Israel.
 
(FJR)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif