Pasukan perdamaian PBB di Lebanon diserang./AFP
Pasukan perdamaian PBB di Lebanon diserang./AFP

Penjaga Perdamaian PBB di Lebanon Diserang Kelompok Tak Dikenal

Internasional Lebanon Pasukan Perdamaian PBB
Marcheilla Ariesta • 05 Januari 2022 22:28
Beirut: Pasukan penjaga perdamaian Perserikatan Bangsa-Bangsa di Lebanon (UNIFIL) diserang sekelompok individu tak dikenal. Kendaraan UNIFIL dirusak dan barang-barang para personelnya juga dicuri.
 
Selama ini, UNIFIL sering diserang sejak wilayah kerja mereka diperluas usai perang pada 2006 antara Israel dan kelompok militan Hizbullah.
 
"Kami sudah meminta pihak berwenang Lebanon untuk menyelidiki dengan cepat dan menyeluruh, serta menuntut semua yang bertanggung jawab atas kejahatan ini," ucap pejabat pers UNIFIL, Kandice Ardiel, dikutip dari Al Arabiya, Rabu, 5 Januari 2022.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Ia mengatakan, serangan terjadi pada Selasa malam waktu setempat.
 
Media lokal melaporkan, penduduk kota selatan Bint Jbeil bentrok dengan pasukan penjaga perdamaian dari Irlandia saat sedang mengambil foto rumah-rumah penduduk. Laporan tersebut menambahkan bahwa pasukan PBB tidak didampingi pasukan Lebanon.
 
Baca juga: Indonesia Tambah 1.000 Personel Pasukan Penjaga Perdamaian PBB
 
Bint Jbeil adalah benteng Hizbullah dan sebagian besar wilayahnya telah dihancurkan selama perang 2006.
 
Namun, Ardiel mengatakan, pasukan penjaga perdamaian tidak mengambil foto rumah warga dan tidak berada di properti pribadi. Menurutnya, UNIFIL kala itu sedang dalam perjalanan bertemu dengan anggota tentara Lebanon untuk melakukan patroli rutin.
 
"UNIFIL mengutuk serangan terhadap personel pria dan wanita yang bekerja untuk perdamaian. Serangan ini merupakan pelanggaran terhadap hukum Lebanon dan internasional," serunya.
 
UNIFIL awalnya dibuat untuk mengawasi penarikan pasukan Israel setelah invasi pada 1978. Misi tersebut diperluas di Lebanon di bawah gencatan senjata yang ditengahi PBB setelah perang selama sebulan antara Israel dan Hizbullah di tahun 2006.
 
Insiden serupa yang menimpa UNIFIL terjadi di Lebanon selatan akhir tahun lalu. Serangan tersebut dikecam keras oleh Kementerian Luar Negeri Lebanon.
 
(WIL)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif