Presiden Israel Reuven Rivlin saat berada di Paris, Prancis pada 18 Maret 2021. (Ludovic MARIN / POOL / AFP)
Presiden Israel Reuven Rivlin saat berada di Paris, Prancis pada 18 Maret 2021. (Ludovic MARIN / POOL / AFP)

Presiden Rivlin Akan Umumkan Perdana Menteri Israel Selasa Ini

Internasional korupsi anas israel pemilu israel Benjamin Netanyahu
Marcheilla Ariesta • 06 April 2021 14:58
Tel Aviv: Presiden Israel berencana mengumumkan seorang kandidat Perdana Menteri untuk membentuk pemerintahan. Sebelumnya, Presiden Reuven Rivlin telah berkonsultasi dengan beberapa partai politik untuk membicarakan siapa sosok yang dapat dijadikan PM.
 
Sejauh ini, petahana Benjamin Netanyahu diyakini masih menjadi tokoh favorit untuk menjadi PM Israel.
 
Meski demikian, Rivlin memiliki keleluasaan di bahwa aturan hukum dalam menentukan pilihan. Ia mengatakan bahwa 'pertimbangan etis' bisa saja ikut bermain dalam pengambilan keputusan. Pernyataannya merujuk pada tiga kasus korupsi yang menjerat Netanyahu.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Pemilu Israel pada 23 Maret lalu berakhir baik. Sayap kanan serta blok agama yang dipimpin Netanyahu meraih mayoritas parlemen.
 
Baca:  Pemerintah Israel runtuh, Picu Pemilu Awal Keempat dalam 2 Tahun
 
Kebuntuan politik tetap tidak terputus meski Rivlin telah melakukan diskusi maraton dengan perwakilan semua partai yang berebut kursi badan legislatif.
 
"Akhirnya putaran konsultasi telah berakhir, dan presiden akan memberikan keputusannya pada Selasa," kata juru bicara Rivlin, dilansir dari France24 pada Selasa, 6 April 2021.
 
Netanyahu dilaporkan telah direkomendasikan 52 dari 120 anggota parlemen Israel atau Knesset. Politisi sentris dan mantan Menteri Keuangan Yair Lapid dari partai Yesh Atid memperoleh 45 dukungan, sedangkan mantan Menteri Pertahanan Naftali Bennett dari partai sayap kanan Yamina hanya tujuh dukungan.
 
Sebanyak tiga partai, dengan total 16 kursi parlemen, menolak mencalonkan tokoh mana pun saat berdiskusi dengan Rivlin.
 
Sebelum dan setelah pemilu, Netanyahu mengajak mantan sekutunya untuk bergabung dengannya demi memecah kebuntuan politik. Namun Bennett tidak berkomitmen untuk kembali bekerja sama dengan Netanyahu yang pernah menjalin hubungan politik dengannya di masa lalu.
 
Mengenai kasus korupsi, Netanyahu membantah semua tuduhan. Ia mengatakan tuduhan terhadapnya adalah percobaan kudeta yang bertujuan menggulingkan dirinya dari kursi PM Israel.
 
Siapa pun PM yang terpilih akan memiliki 28 hari untuk mencoba membentuk koalisi pemerintahab. Selain itu, tokoh terpilih juga dapat meminta perpanjangan dua pekan kepada Rivlin.
 
(WIL)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif