Putra Mahkota Arab Saudi Pangeran Mohammed bin Salman. Foto: AFP
Putra Mahkota Arab Saudi Pangeran Mohammed bin Salman. Foto: AFP

Ditahan, Pangeran Abdullah Ditengarai sebagai Saingan Putra Mahkota Saudi

Fajar Nugraha • 07 November 2022 17:29
Riyadh: Pangeran Abdullah bin Faisal al Saud, seorang pangeran muda Arab Saudi ditahan setelah kepulangannya dari Amerika Serikat (AS). Apakah dia menjadi saingan terberat dari Putra Mahkota Pangeran Mohammed bin Salman?
 
Tetapi tindakan Arab Saudi di bawah Pangeran Mohammed menonjol karena intensitas teknologi tinggi, orkestrasi dan, seringkali, keganasan, dan karena berasal dari mitra strategis.
 
Freedom House, sebuah kelompok penelitian dan advokasi, mengatakan Arab Saudi telah menargetkan pengkritik di 14 negara, termasuk penargetan terkoordinasi dan dijalankan dari Amerika Serikat. Tujuannya adalah untuk memata-matai orang Saudi dan mengintimidasi mereka, atau memaksa mereka untuk kembali ke kerajaan.
 
Baca: Baru Balik dari AS, Pangeran Arab Saudi Dipenjara 30 Tahun Oleh Penguasa.

“Ini mengganggu, menakutkan, dan ini merupakan pelanggaran besar terhadap kebebasan berpendapat yang dilindungi,” kata Nate Schenkkan dari Freedom House tentang pemenjaraan baru-baru ini terhadap orang-orang Saudi yang berbasis di Barat, seperti dikutip NPR, Senin 7 November 2022.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Pengadilan Arab Saudi menjatuhkan hukuman 20 tahun penjara dan larangan perjalanan 20 tahun berikutnya. Namun Pengadilan Arab Saudi pada Agustus memperpanjang masa hukuman 10 tahun dan menjadikan total hukuman menjadi 30 tahun.
 
Pangeran Abdullah, 31, berasal dari salah satu cabang keluarga kerajaan yang paling menjadi sasaran penahanan sebagai kritikus atau saingan sejak Pangeran Mohammed bin Salman mengkonsolidasikan kekuasaan di bawah ayahnya yang sudah lanjut usia, Raja Salman.
 
Seperti orang lain yang dipenjara, termasuk penulis, jurnalis dan advokat, Arab Saudi menuduh Pangeran Abdullah bertindak untuk mengacaukan kerajaan, mengganggu persatuan sosial dan mendukung lawan kerajaan.
 
Kerajaan menggunakan undang-undang terorisme dan kejahatan dunia maya -,diterapkan dalam kasus-kasus yang melibatkan komunikasi telepon atau komputer,- untuk mengeluarkan hukuman yang luar biasa berat.
 
Dokumen pengadilan Saudi menuduh Pangeran Abdullah menggunakan aplikasi Signal di ponselnya di Boston untuk berbicara dengan ibunya dan kerabat lainnya tentang sepupu yang dipenjara oleh Pangeran Mohammed, dan telah menggunakan telepon umum di Boston untuk berbicara dengan pengacara tentang kasus tersebut. Mereka mengatakan Pangeran Abdullah mengakui mengirim sekitar 9.000 Euro atau sekitar Rp141 juta untuk membayar tagihan di apartemen sepupunya di Paris.
 
Tidak diketahui bagaimana Arab Saudi memantau percakapan telepon pribadi yang berasal dari Negeri Paman Sam. Namun dalam beberapa tahun terakhir, mereka telah mengasah taktik mata-mata lama dan baru.
 
Tetapi pada bulan yang sama ketika hukuman Pangeran Abdullah diperpanjang, Arab Saudi memberikan hukuman seumur hidup virtual kepada Saad al Madi kepada seorang Saudi-Amerika berusia 72 tahun untuk tweet yang dia posting dari rumahnya di Florida.
 
Al Madi tiba-tiba dituduh dan dipenjarakan dalam kunjungannya ke kerajaan. Dalam menjatuhkan hukuman kepada al Madi, kerajaan itu berpisah dari praktik Saudi yang sudah berlangsung lama untuk menyelamatkan warga AS, pelindung militernya yang lama, dari hukuman terburuk.
 
Juga pada Agustus, Negeri Petrodolar menjatuhkan hukuman penjara 34 tahun kepada seorang siswa Saudi berusia 34 tahun di Inggris, Salma al Shehab, ketika dia juga mengunjungi kerajaan itu setelah men-tweet tentang penangkapan di kalangan anggota kerajaan itu.
 
Ketiga hukuman itu dijatuhkan beberapa minggu setelah Presiden Joe Biden mengesampingkan kecaman masa lalunya atas catatan hak asasi manusia Arab Saudi untuk melakukan perjalanan ke kerajaan, meskipun ada kritik dari anggota parlemen, kelompok hak asasi dan pengasingan Saudi.
 
(FJR)




LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif