Pesawat jet tempur F-35 Lightning dari Angkatan Udara AS. (Robert ATANASOVSKI / AFP)
Pesawat jet tempur F-35 Lightning dari Angkatan Udara AS. (Robert ATANASOVSKI / AFP)

AS Serang Pimpinan Kelompok Terafiliasi Al-Qaeda di Suriah

Medcom • 28 Juni 2022 13:29
Washington: Komando Pusat Amerika Serikat (CENTCOM) meluncurkan operasi militer dengan target "pemimpin senior" dari kelompok terafiliasi al-Qaeda di Suriah.
 
"Pasukan CENTCOM melakukan serangan kinetik di provinsi Idlib, Suriah, 27 Juni, menargetkan Abu Hamzah al Yemeni, seorang pemimpin senior Hurras al-Din, sebuah organisasi teroris yang bersekutu dengan Al Qaeda," ucap militer AS itu, dikutip dari Anadolu Agency, Selasa, 28 Juni 2022.
 
Al Yemeni disebut-sebut terkena serangan saat sedang mengendarai sepeda motor seorang diri. Sejauh ini tidak ada laporan korban jiwa dari kalangan warga sipil.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Organisasi ekstremis yang kejam, termasuk organisasi yang bersekutu dengan al-Qaeda seperti Hurras al-Din, terus menghadirkan ancaman bagi Amerika dan sekutu kami,” kata CENTCOM.
 
"Militan yang bersekutu dengan al-Qaeda menggunakan Suriah sebagai tempat aman untuk berkoordinasi dengan afiliasi eksternal mereka dan merencanakan operasi di luar Suriah," imbuhnya.
 
"Penyingkiran pemimpin senior ini akan mengganggu kemampuan Al-Qaeda dalam melancarkan serangan terhadap warga AS, mitra kami, dan warga sipil di seluruh dunia," pungkas CENTCOM.
 
Awal April lalu, sebuah video langka muncul di internet yang memperlihatkan pemimpin kelompok al-Qaeda memuji seorang perempuan Muslim yang menentang larangan memakai hijab di India pada Februari lalu. Kemunculan video tersebut menjadi bukti pertama dalam beberapa bulan terakhir bahwa Ayman al-Zawahiri masih hidup.
 
Rumor kematian Zawahiri secara konsisten beredar di internet. Namun kemunculan sebuah video pada Selasa kemarin, yang telah diterjemahkan oleh situs pemantau aktivitas ekstremisme SITE, mementahkan rumor tersebut. (Kaylina Ivani)
 
Baca:  Bantah Rumor Kematian, Pemimpin Al-Qaeda Muncul via Pesan Video
 
(WIL)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif