Prajurit Ethiopia berpatroli di Kombolcha, 11 Desember 2021. (Amanuel Sileshi / AFP)
Prajurit Ethiopia berpatroli di Kombolcha, 11 Desember 2021. (Amanuel Sileshi / AFP)

Sudan Tuding Ethiopia Bunuh 7 Prajurit dan 1 Warga Sipil

Willy Haryono • 27 Juni 2022 19:26
Khartoum: Sudan menuduh militer Ethiopia telah mengeksekusi mati tujuh prajurit Sudan dan satu warga sipil. Sudan pun bertekad membalas pembunuhan tersebut, yang dilabeli sebagai sebuah tindakan "pengecut."
 
Ketegangan antar kedua negara meningkat dalam beberapa tahun terakhir, yang kerap memicu bentrokan bersenjata sporadis, di sepanjang perbatasan Al-Fashaqa yang berada dekat dengan wilayah Tigray, Ethiopia.
 
:Dalam sebuah aksi yang bertentangan dengan semua hukum internasional dan perang, militer Ethiopia telah mengeksekusi tujuh prajurit Sudan dan satu warga sipil yang mereka tangkap," ujar keterangan angkatan bersenjata Sudan, dilansir dari AFP, Senin, 27 Juni 2022.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Aksi mengerikan dan pengecut ini tidak akan dibiarkan begitu saja," sambungnya.
 
Sejauh ini belum ada respons dari militer Ethiopia terkait tuduhan Sudan.
 
Seorang perwira Sudan yang menolak disebutkan namanya mengatakan kepada AFP bahwa ketujuh prajurit ditangkap militer Ethipia dan dibawa ke area perbatasan dekat kawasan Al-Fashaqa.
 
Hubungan antara Khartoum dan Addis Ababa memburuk dalam beberapa tahun terakhir atas Al-Fashaqa, sebuah area perbatasan dengan tanah subur yang selama ini digarap petani Ethiopia namun diklaim Sudan.
 
Situasi di area tersebut memburuk sejak meletusnya pertempuran di Tigray pada November 2020, yang memicu gelombang puluhan ribu pengungsi dari Ethiopia ke Sudan.
 
Sejak saat itu, Sudan dan Ethiopia bersitegang, terlibat perang kata-kata, dan juga saling menuduh terjadinya aksi kekerasan serta pelanggaran wilayah.
 
Baca: Sudan Tuduh Ethiopia Bunuh Sejumlah Prajurit di Perbatasan
 
(WIL)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif