Kompleks Masjid Al Aqsa (Photo: AFP)
Kompleks Masjid Al Aqsa (Photo: AFP)

PM Israel Tolak Ubah Status Masjid Al-Aqsa

Medcom • 23 Mei 2022 21:06
Yerusalem: Kantor Perdana Menteri Israel Naftali Bennett menyatakan tidak ada rencana perubahan terhadap kebijakan yang melarang ibadah Yahudi di kompleks Masjid Al-Aqsa.
 
Pernyataan itu dikeluarkan setelah tiga anak Yahudi diperintahkan untuk jaga jarak dari area tersebut lantaran bersujud sambil membacakan doa dalam sebuah tur di dalam kompleks itu.
 
Pengadilan memenangkan tuntutan ketiga anak di bawah umur pada Minggu, 22 Mei 2022.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Polisi berargumen bahwa ketiganya mengganggu tugas aparat dan ketertiban umum. Namun, Hakim Zion Saharai mengatakan mereka tidak menimbulkan "kekhawatiran akan bahaya yang menimpa keamanan nasional, keselamatan publik, atau keamanan individu", lapor Reuters.
 
Presiden Palestina Mahmoud Abbas menyebut putusan pengadilan sebagai “serangan besar terhadap status historis … dan tantangan gamblang terhadap hukum internasional”.
 
Di bawah peraturan yang berlaku beberapa dekade lamanya, Israel memperbolehkan kaum Yahudi berkunjung bila tidak melakukan ritual keagamaan.
 
Bennett mengatakan kasus tersebut akan melalui proses banding ke pengadilan yang lebih tinggi.
 
“Keputusan pengadilan secara eksklusif berfokus pada masalah perilaku anak di bawah umur yang dibawa ke hadapannya, dan tidak termasuk penentuan yang lebih luas mengenai kebebasan beribadah di (Masjid Al-Aqsa),” ucapnya.
 
Baca: Israel Tolak Permintaan Yordania untuk Tambah Staf Wakaf di Masjid Al-Aqsa
 
Yordania, negara mitra keamanan Israel yang didukung Amerika Serikat (AS) dengan fungsi sebagai penjaga Al-Aqsa, juga telah menyuarakan kekhawatirannya terkait kunjungan orang Yahudi ke kompleks tersebut.
 
Putusan diambil seminggu sebelum nasionalis Yahudi mengadakan pawai tahunan melalui Kota Tua Yerusalem, memperingati perebutan wilayah oleh Israel dalam Perang 1967.
 
Kompleks Masjid Al-Aqsa merupakan titik ketegangan Israel-Palestina. (Kaylina Ivani)

 
(WAH)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif