Pasukan SDF berpatroli di Suriah. (AFP)
Pasukan SDF berpatroli di Suriah. (AFP)

Lebih dari 200 Orang Tewas dalam Penyerbuan ISIS ke Penjara Suriah

Internasional suriah membara suriah isis
Willy Haryono • 24 Januari 2022 10:19
Al-Hasakah: Lebih dari 200 orang tewas dalam baku tembak antara kelompok militan Islamic State (ISIS) dan pasukan Kurdi yang didukung Amerika Serikat. Pertempuran terjadi usai ISIS menyerbu sebuah penjara di Suriah pekan kemarin.
 
Penyerbuan tersebut merupakan aksi paling brutal yang dilakukan ISIS sejak grup ekstremis tersebut kehilangan sebagian besar wilayahnya tiga tahun lalu. Penyerbuan ini menggarisbawahi bahwa ancaman ISIS di Suriah masih tetap ada.
 
Pasukan Demokratik Suriah (SDF) terus memerangi militan ISIS yang berusaha membebaskan rekan-rekan mereka di penjara Ghwayran di kota Al-Hasakah. Penyerbuan dilakukan berbarengan dengan aksi para narapidana yang dilaporkan telah menguasai beberapa bagian penjara Ghwayran.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Penjara Ghwayran menampung lebih dari 3 ribu narapidana, beberapa di antaranya adalah komandan senior ISIS.
 
"Dalam kurun waktu empat hari, 175 anggota ISIS tewas, sementara dari kubu kami 27 orang," ucap juru bicara SDF, Siamand Ali, dikutip dari Independent, Senin, 24 Januari 2022.
 
Menurut data grup pengawas Syrian Observatory for Human Rights (SOHR), setidaknya tujuh warga sipil tewas dalam pertempuran antara ISIS dan SDF.
 
SOHR menyebut, ratusan narapidana yang sempat melarikan diri dari penjara Ghwayran telah ditangkap kembali. Namun hingga kini, puluhan dari mereka masih bebas berkeliaran di luar sana.
 
Di seantero wilayah timur laut Suriah, lebih dari 10 ribu terduga militan ISIS dari sekitar 50 negara, masih berada di tahanan prapradilan yang dijalankan milisi Kurdi.
 
Otoritas Suriah sejak lama memperingatkan bahwa mereka tidak memiliki cukup sumber daya untuk menahan begitu banyak narapidana di fasilitas seadanya. Damaskus pun menyerukan negara-negara dunia untuk segera merepatriasi warga mereka di Suriah.
 
Baca:  Ingin Bebaskan Rekan, ISIS Serang Sebuah Penjara di Suriah
 
(WIL)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif