Maskot Piala Dunia Qatar 2022, La'ib./AFP
Maskot Piala Dunia Qatar 2022, La'ib./AFP

Intelijen Israel: Ada Kemungkinan Iran Serang Piala Dunia Qatar 2022

Marcheilla Ariesta • 23 November 2022 21:55
Tel Aviv: Kepala Badan Intelijen Militer Pasukan Pertahanan Israel mengklaim Iran kemungkinan akan menyerang Piala Dunia Qatar 2022. Aharon Haliva mengatakan, Teheran sedang mempertimbangkan langkah tersebut.
 
Menurutnya, kemungkinan serangan dilakukan untuk mengalihkan perhatian dunia atas kerusuhan yang terjadi di Iran.
 
"Saya memberitahu Anda bahwa Iran saat ini sedang mempertimbangkan untuk menyerang Piala Dunia di Qatar juga," kata Haliva dalam pidato di konferensi Institute for National Studies di Tel Aviv, seperti dikutip Arab News, Rabu, 23 November 2022.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Iran berusaha untuk menjaga ketidakstabilan di kawasan. Mereka (iri) melihat dunia sekitarnya stabil dan berkembang, sementara berbanding terbalik dengan yang terjadi di sana," ucap Haliva.
 
Ia menambahkan, Piala Dunia kemungkinan dapat menjadi peristiwa di mana Iran mencoba 'menyebabkan ketidakstabilan'.
 
Haliva berujar meski ia sebetulnya tak melihat ancaman dari rezim Iran, namun mereka perlu waspada, terlebih di tengah tekanan internal yang dialami Teheran.
 
"Pada tahap ini saya tidak melihat risiko terhadap rezim, tapi karena tekanan terhadap Iran meningkat, termasuk tekanan dari internal, respons Iran jauh lebih agresif, jadi kita harus memproyeksi respons yang jauh lebih agresif di kawasan Iran dan di dunia," ucap Haliva.
 
Protes di Iran masih terus berlangsung. Protes pertama kali meletus usai seorang perempuan Kurdi, Mahsa Amini, tewas usai ditahan polisi moralitas Iran.
 
Sejak saat itu, 14 ribu orang dipenjara sebagai buntut dari protes. Tak hanya itu, ratusan orang juga dilaporkan tewas akibat kekerasan polisi terhadap para pedemo.
 
Baca juga: Iran Tuduh Agen Israel dan Barat Rencanakan Perang Saudara di Wilayahnya
 
(FJR)




LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif