Prajurit Nigeria bersiaga di depan sebuah universitas di Mando, Kaduna, 12 Maret 2021. (Bosan Yakusak / AFP)
Prajurit Nigeria bersiaga di depan sebuah universitas di Mando, Kaduna, 12 Maret 2021. (Bosan Yakusak / AFP)

Kelompok Bersenjata Bunuh Lebih dari 100 Orang di Nigeria Utara

Willy Haryono • 12 April 2022 22:35
Kanam: Sebuah kelompok bersenjata api membunuh lebih dari 100 orang di wilayah terpencil di Nigeria utara, menurut keterangan sejumlah korban selamat dan otoritas setempat pada Selasa, 12 April 2022.
 
Dikutip dari The Globe and Mail, para pelaku menyerang empat desa di area Kanam, Plateau State. Ini merupakan serangan terbaru dari serangkaian aksi kekerasan yang melanda Nigeria utara dalam beberapa bulan terakhir.
 
Belakangan, aksi kekerasan yang melibatkan senjata api sering terjadi d Nigeria utara. Biasanya, baku tembak ini terjadi antar kelompok Muslim Fulani dan komunitas kristen Hausa serta beberapa grup etnis lainnya.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Konflik memperebutkan tanah dan sumber air telah memperburuk perpecahan sektarian antara Muslim dan Kristen di Nigeria, negara terpadat di benua Afrika dengan total populasi 206 juta jiwa. Di bidang keagamaan, masyarakat Nigeria cenderung terpecah.
 
Dalam serangan terbaru ini, para penyerang dikabarkan tiba di area Kanam pada Minggu petang. Mereka menjarah banyak rumah dan menembaki warga setempat, menurut keterangan korban selamat bernama Alpha Sambo.
 
"Jumlah orang yang telah terbunuh melebihi 100," ucapnya. Beberapa saksi mata lain mengatakan bahwa jumlah korban tewas menyentuh angka 130, dengan banyak lainnya yang mengalami luka.
 
Pemerintah Nigeria mengonfirmasi terjadinya serangan di Kanam, namun tidak memaparkan detail mengenai penyebab serta jumlah korban.
 
Baca:  Kelompok Bersenjata Bunuh 18 Orang di Masjid Nigeria
 
(WIL)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif