Serangan Al-Shabaab pada 2016 di Kenya./AFP
Serangan Al-Shabaab pada 2016 di Kenya./AFP

6 Orang Tewas dalam Serangan Al Shabaab di Kenya

Internasional kenya al-shabaab
Marcheilla Ariesta • 03 Januari 2022 20:00
Nairobi: Setidaknya enam orang tewas dan sejumlah rumah dibakar dalam serangan bersenjata di wilayah Lamu, Kenya. Serangan tersebut dilakukan oleh para militan Al Shabaab.
 
Wilayah Lamu, yang termasuk tujuan wisata pantai populer Pulau Lamu, terletak dekat perbatasan Somalia. Wilayah ini kerap mengalami serangan ekstremis, biasanya dalam bentuk bom rakitan atau IED.
 
"Saya mengonfirmasi bahwa kami mengalami serangan yang diduga dilakukan Al Shabaab di tempat yang dikenal sebagai Widhu," kata Komisaris Kabupaten Lamu, Irungu Macharia, dilansir dari France24, Senin, 3 Januari 2022.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Kami telah kehilangan enam orang," sambungnya.
 
Ia menambahkan, satu dari enam korban tewas mengalami luka tembak, sementara sisanya dibakar. "Pasukan keamanan kami mengejar mereka, dan kami mendesak dukungan dari penduduk setempat untuk membantu," tutur Macharia.
 
Baca juga: 8 Orang Tewas dalam Ledakan Bom Dekat Istana Presiden Somalia
 
Al Shabaab telah melakukan beberapa serangan besar-besaran di Kenya. Aksi itu dilakukan sebagai pembalasan atas langkah Kenya yang mengirim pasukan nasional ke Somalia pada 2011 sebagai bagian dari pasukan Uni Afrika yang memiliki tugas utama memberantas grup-grup ekstremis seperti Al Shabaab.
 
Selama ini, sejumlah kelompok terafiliasi Al-Qaeda berusaha menggulingkan Pemerintahan Somalia yang didukung komunitas internasional. Grup semacam itu telah menguasai beberapa wilayah di Somalia bagian selatan, yang kerap dijadikan tempat melancarkan serangan ke ibu kota dan lokasi lainnya.
 
(WIL)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif