Presiden terpilih Amerika Serikat Joe Biden. (AFP)
Presiden terpilih Amerika Serikat Joe Biden. (AFP)

Arab Saudi Dorong Joe Biden Jatuhkan Sanksi kepada Houthi

Internasional amerika serikat as-arab saudi joe biden donald trump
Willy Haryono • 22 November 2020 13:06
Riyadh: Menteri Luar Negeri Arab Saudi Pangeran Faisal bin Farhan Al Saud meyakini bahwa pemerintahan baru Amerika Serikat di bawah Joe Biden nantinya akan memberlakukan berbagai kebijakan yang mendorong keamanan kawasan. "Segala diskusi yang akan kami lakukan bersama pemerintahan baru (AS) akan berujung pada kerja sama yang kuat," ucap Pangeran Faisal.
 
Ia juga menilai bahwa AS nantinya juga akan mengambil langkah tepat kepada Houthi, dengan melabeli kelompok pemberontak di Yaman tersebut sebagai organisasi teroris asing.
 
"Kita semua tahu persenjataan mereka (Houthi), dan bagian signifikan dari ideologi mereka datang dari Iran. Jadi, mereka sudah jelas adalah organisasi teroris yang didukung kekuatan asing," tutur Pangeran Faisal, dilansir dari laman The National pada Minggu, 22 November 2020.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Tahun lalu, Houthi melancarkan serangkaian serangan terhadap infrastruktur minyak di seantero Teluk, termasuk fasilitas Abqaiq di Arab Saudi.
 
Pemerintahan AS di bawah petahana Donald Trump telah mengancam akan memasukkan Houthi ke dalam daftar hitam sebagai bagian dari kebijakan "tekanan maksimal" terhadap Iran.
 
Selama ini, Iran membantah telah memberikan bantuan finansial maupun militer kepada Houthi.
 
Riyadh berharap Washington di bawah Biden setidaknya akan mempertahankan beberapa kebijakan "tekanan maksimal" kepada Iran.
 
Sebelumnya, Saudi telah mendorong Biden untuk tidak bergabung kembali dengan perjanjian nuklir Iran 2015 -- Joint Comprehensive Plan of Action (JCPOA). Saudi memperingatkan bahwa potensi kembalinya AS ke JCPOA dapat dapat mengganggu stabilitas kawasan.
 
Baca:Arab Saudi Minta Biden Tidak Kembali ke Perjanjian Nuklir Iran
 
(WIL)



FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif