Ilustrasi minuman keras. (Medcom.id)
Ilustrasi minuman keras. (Medcom.id)

12 Orang Tewas Usai Meminum Miras Ilegal di Uganda

Willy Haryono • 22 Agustus 2022 21:05
Arua: Setidaknya 12 orang tewas dan 18 lainnya dirawat di rumah sakit usai meminum minuman keras yang diproduksi secara ilegal di Uganda utara. Para korban diketahui telah mengonsumsi Waragi, sejenis miras lokal Uganda, di sebuah bar di kota Arua pada 18 Agustus lalu.
 
Dikutip dari laman Anadolu Agency, Senin, 22 Agustus 2022, semua korban tewas adalah pria berusia antara 43 dan 53 tahun. Sebagian dari mereka meninggal di rumah, dan sebagian lainnya di rumah sakit.
 
"Bar dan pabrik tempat miras itu diproduksi telah disegel," kata juru bicara Kepolisian West Nile, Josephine Angucia.
Ia mengatakan pabrik pembuat Waragi di kota Arua tersebut belum mendapat sertifikasi aman dari Biro Standar Nasional Uganda.
 
"Kami sudah menahan empat pekerja pabrik, dan mereka membantu kami dalam investigasi," ungkapnya. Sampel dari Waragi ilegal yang menewaskan belasan orang itu sudah diambil untuk proses uji laboratorium.
 
Menurut Angucia, perempuan pemilik bar di Arua juga termasuk dari mereka yang dirawat di rumah sakit.
 
Mengonsumsi miras merupakan aktivitas umum di seantero Uganda, terkadang menjadi salah satu sumber masalah sosial di negara tersebut. Kematian terkait miras ilegal sering terjadi di Uganda dari tahun ke tahun.
 
Salah satu insiden paling mematikan terjadi pada April 2010, di mana 80 orang keracunan alkohol dan meninggal dunia usai meminum miras berbahaya di barat daya Uganda.
 
Baca:  Tragis! 42 Warga India Meninggal usai Tenggak Miras Oplosan
 
Jangan lupa ikuti update berita lainnya dan follow akun google news Medcom.id

(WIL)




LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif