Sekelompok perempuan berunjuk rasa menuntut hak-hak perlindungan dari kekerasan seksual di Kairo, Mesir. (Foto: AFP)
Sekelompok perempuan berunjuk rasa menuntut hak-hak perlindungan dari kekerasan seksual di Kairo, Mesir. (Foto: AFP)

Mesir Loloskan UU Perlindungan Korban Pelecehan Seksual

Internasional mesir
Willy Haryono • 17 Agustus 2020 19:04
Kairo: Mesir meloloskan undang-undang baru untuk melinduungi identitas perempuan yang melaporkan kasus pelecehan atau kekerasan seksual. UU ini dibuat agar perempuan Mesir tidak ragu dalam melaporkan kasus semacam itu.
 
UU terbaru ini, yang akan memberikan anonimitas otomatis kepada korban, diloloskan setelah ratusan perempuan Mesir mulai berbicara mengenai pelecehan dan kekerasan seksual via gerakan bertajuk #MeToo di media sosial.
 
"Aturan ini merupakan langkah pertama dalam jalan panjang menuju perlindungan hak-hak wanita," ucap anggota parlemen perempuan Mesir, Ghada Ghareeb.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Pemerintah menyadari penurunan tajam angka perempuan yang mau melaporkan kasus kekerasan seksual. Selama ini banyak perempuan yang takut melapor karena adanya stigma sosial," sambungnya, dilansir dari laman The National, Senin 17 Agustus 2020.
 
Ghareeb berharap UU ini dapat meningkatkan jumlah laporan mengenai kasus pelecehan atau kekerasan seksual di Mesir dalam beberapa bulan ke depan. UU ini sudah diloloskan kabinet pada Juli lalu, dan diserahkan ke parlemen usai diperlihatkan di jajaran Kementerian Hukum Mesir.
 
Juli lalu, Mesir sempat dihebohkan oleh kasus seorang mahasiswa dari latar belakang keluarga kaya yang ditangkap atas tudingan pemerkosaan dan pemerasan terhadap sejumlah perempuan. Investigasi kasusnya masih berjalan hingga kini.
 
Kasus tersebut memicu gelombang gerakan #MeToo di Mesir. Dewan Perempuan Nasional Mesir mengaku menerima 400 keluhan, yang sebagian besarnya adalah kekerasan terhadap perempuan dalam kurun waktu 5 hari usai kasus tersebut muncul.
 
Dewan Perempuan Nasional Mesir menegaskan akan selalu menolong semua perempuan di seantero negeri dari segala jenis ancaman.

 
(WIL)



FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif