Cahaya dari serangan udara Israel di Jalur Gaza pada Rabu dini hari, 16 September 2020. (Foto: AFP)
Cahaya dari serangan udara Israel di Jalur Gaza pada Rabu dini hari, 16 September 2020. (Foto: AFP)

Israel Gempur Pangkalan Hamas usai Serangan Roket Gaza

Internasional palestina israel hamas
Willy Haryono • 16 September 2020 12:02
Tel Aviv: Militer Israel membombardir salah satu situs di Jalur Gaza pada Rabu dini hari, 16 September 2020. Serangan tersebut merupakan balasan atas peluncuran dua roket dari Gaza ke arah Israel pada Selasa 15 September.
 
Serangan dua roket itu terjadi saat Uni Emirat Arab dan Bahrain menandatangani perjanjian normalisasi dengan Israel di Gedung Putih, Washington, Amerika Serikat.
 
Dilansir dari laman The National, sejumlah saksi mata mengaku melihat sebuah pangkalan latihan kelompok Hamas yang terkena serangan udara Israel. Hamas adalah kelompok penguasa Gaza.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Hingga saat ini, belum ada faksi di Gaza yang mengklaim bertanggung jawab atas serangan dua roket ke arah Israel. Salah satu roket itu mendarat di kota Ashdod, Israel, dan melukai sedikitnya dua orang.
 
Tel Aviv menyebut, sirene peringatan berbunyi di perbatasan Israel saat dua roket diluncurkan dari Jalur Gaza pada Selasa kemarin. Salah satu roket itu berhasil dihancurkan sistem anti-misil Iron Dome, sementara satunya lagi menghantam kota Ashdod.
 
Serangan dua roket dari Gaza terjadi satu bulan usai maraknya serangan balon api terhadap Israel. Banyaknya balon api memicu kebakaran di sejumlah wilayah Israel, yang kemudian dibalas dengan serangan udara ke beberapa titik Gaza.
 
Pada akhir Agustus, Israel dan Hamas sepakat mengakhiri ketegangan dan menerapkan kembali gencatan senjata yang berusia 18 bulan.
 
Hamas menguasai Gaza sejak 2007, usai merebut kekuasaan dari Otoritas Palestina (PA) yang diakui komunitas internasional.
 
Gaza dihuni sejumlah faksi, tidak hanya Hamas. Namun Israel sering menyalahkan Hamas atas berbagai serangan yang terjadi di wilayah perbatasan. Israel dan Hamas sudah terlibat dalam tiga peperangan, dan juga pernah terlibat beberapa perseteruan kecil sejak 2007.
 
(WIL)



FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif