Pasukan Irak berpatroli di provinsi Anbar. (AFP)
Pasukan Irak berpatroli di provinsi Anbar. (AFP)

Pasukan Irak Tangkap Wakil Pemimpin ISIS

Willy Haryono • 11 Oktober 2021 15:07
Baghdad: Pasukan Irak telah berhasil menangkap wakil pemimpin Islamic State (ISIS), Sami Jasim Muhammad al-Jaburi. Ia diketahui sebagai deputi dari pemimpin ISIS yang sudah tewas, Abu Bakr al-Baghdadi.
 
Saat Baghdadi masih hidup, al-Jaburi dipercaya sebagai sosok yang menangani urusan finansial ISIS.
 
Penangkapan terhadap al-Jaburi dilakukan saat pasukan keamanan Irak tengah berfokus mengamankan jalannya pemilihan umum parlemen pada Minggu, 10 Oktober. Ribuan personel keamanan gabungan telah dikerahkan ke tempat pemungutan suara yang tersebar di seantero negeri.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Walau ISF (Pasukan Keamanan Irak) sedang fokus mengamankan pemilu, para kolega mereka dari INIS tengah melakukan operasi kompleks untuk menangkap Sami Jasim," tulis Perdana Menteri Irak Mustafa al-Kadhimi via Twitter, dikutip dari laman Sputnik, Senin, 11 Oktober 2021.
 
INIS merujuk pada Badan Intelijen Nasional Irak yang bertugas mengumpulkan data-data intelijen yang berkaitan dengan pertahanan negara.
 
Pada 2019, Amerika Serikat telah menawarkan uang hadiah USD5 juta untuk informasi yang dapat berujung pada penangkapan tiga petinggi ISIS, termasuk Sami Jasim Muhammad al-Jaburi.
 
Irak telah berhasil mengalahkan ISIS pada 2017, namun sisa-sisa militan kelompok tersebut masih terus melancarkan serangan dari waktu ke waktu.
 
Pemimpin ISIS Abu Bakr al-Baghdadi tewas dalam operasi pasukan khusus AS di Suriah pada 2019. ISIS mengonfirmasi kematian al-Baghdadi dan menunjuk Abu Ibrahim al-Hashimi al-Qurashi sebagai penggantinya.
 
Baca:  ISIS Klaim Ledakan Bom Bunuh Diri di Masjid Afghanistan
 
(WIL)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif