Siswa di Nigeria dibebaskan penculik. Foto: AFP.
Siswa di Nigeria dibebaskan penculik. Foto: AFP.

Diculik 2 Pekan, 24 Pelajar dan Guru di Nigeria Dibebaskan

Marcheilla Ariesta • 28 Februari 2021 18:10
Kagara: Siswa, guru, dan kerabat yang diculik dari sebuah sekolah di Nigeria utara pada dua pekan lalu, akhirnya dibebaskan. Mereka diculik pada 17 Februari lalu oleh sekelompok bandit bersenjata dari Sekolah Sains Negeri Kagara.
 
Gubernur Negara Bagian Niger Abubakar Sani Bello mengatakan dia menerima 24 siswa, enam staf dan delapan kerabat pada Sabtu, 27 Februari kemarin setelah dibebaskan. Mereka dibebaskan pada pagi buta.
 
Jumlah mereka yang dibebaskan masih kurang dari angka totalnya, yaitu 42 orang. Hal ini mengindikasikan masih ada beberapa orang yang hilang, walau otoritas Nigeria belum memaparkan detailnya.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Salah satu siswi dilaporkan harus dirawat di rumah sakit akibat kelelahan.
 
"Mereka yang dibebaskan akan diperiksa dan dipantau secara medis selama beberapa hari sebelum dipertemukan kembali dengan keluarga," tutur Bello, dilansir dari New York Post, Minggu, 28 Februari 2021.
 
Bello mengatakan, upaya bersama pengamanan, tokoh adat dan pemangku kepentingan turut mengamankan pelepasan tersebut.
 
Pembebasan diumumkan satu hari setelah polisi mengonfirmasi penculikan 317 gadis dari sekolah asrama lain di Zamfara. Penduduk setempat mengatakan para bandit juga sempat menyerang kamp militer dan pos pemeriksaan.
 
Kepolisian Nigeria meyakini para siswi itu dibawa ke area hutan usai diculik dari sekolah mereka di Jangebe, negara bagian Zamfara pada Jumat pagi.
 
Ini merupakan penculikan massal yang terjadi kesekian kalinya di Nigeria dalam beberapa pekan terakhir. Kelompok bersenjata kerap menculik anak-anak sekolah untuk meminta uang tebusan.
 
Penculikan ini mendapat kecaman dari Turki. "Kami sangat sedih saat mendengar kabar adanya lebih dari 300 siswi yang diculik dari sebuah sekolah di Zamfara, Nigeria," ujar Kementerian Luar Negeri Turki.
 
"Kami berharap para siswi dapat segera kembali bertemu keluarga mereka secepat mungkin," lanjut mereka.
 
Baca juga: Turki Kecam Penculikan 300 Siswi di Nigeria
 
(WIL)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif