Sejumlah orang mengenakan masker saat berada di Masjid Agung Makkah, Arab Saudi, 13 Maret 2020. (AFP)
Sejumlah orang mengenakan masker saat berada di Masjid Agung Makkah, Arab Saudi, 13 Maret 2020. (AFP)

Arab Saudi Cabut Larangan Umrah Awal Bulan Depan

Internasional ibadah umrah Virus Korona arab saudi
Willy Haryono • 23 September 2020 08:33
Riyadh: Arab Saudi akan mencabut larangan ibadah Umrah secara berkala mulai awal bulan depan. Keputusan melanjutkan Umrah diambil Saudi usai dihentikan selama hampir enam bulan.
 
Mengutip seorang sumber di Kementerian Dalam Negeri Arab Saudi, kantor berita Saudi Press Agency (SPA) melaporkan bahwa Umrah akan dilanjutkan kembali mulai 4 Oktober mendatang.
 
Dikutip dari Anadolu Agency, Rabu 23 September 2020, Umrah pada awal bulan depan diperuntukkan bagi warga lokal, atau warga asing yang sudah berada di dalam Saudi.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Meski dibuka kembali, Umrah di Masjidil Haram hanya bisa diikuti 6.000 orang atau sekitar 30 persen dari kapasitas per hari. Saat memasuki tanggal 18 Oktober, kapasitas Umrah akan ditambah menjadi 15 ribu orang per hari, dan ibadah salat di Masjid Nabawi juga akan diizinkan kembali.
 
SPA menyebut pencabutan berikutnya akan dilakukan pada 1 November. Warga lokal dan internasional yang datang untuk Umrah akan disambut dengan baik. Ibadah di Masjidil Haram dan Masjid Nabawi juga akan dibuka dalam kapasitas penuh dengan tetap menerapkan protokol kesehatan covid-19.
 
"Seorang sumber dari Kemendagri menekankan kesediaan Kerajaan untuk mengizinkan masuknya peziarah dari dalam dan luar Kerajaan, untuk beribadah secara aman dan sehat," tulis SPA di Twitter.
 
Karena pandemi covid-19, ibadah Haji tahun ini dibatasi hanya bagi mereka yang tinggal di Arab Saudi.
 
Covid-19 telah menyebar ke 188 negara dan wilayah sejak pertama kali muncul di Wuhan, Tiongkok, pada Desember 2019. Amerika Serikat, India, dan Brasil merupakan tiga negara teratas dalam jumlah kasus terbanyak covid-19.
 
Menurut data Johns Hopkins University pada Rabu ini, total kasus global covid-19 telah mencapai 31,46 juta, dengan angka kematian di atas 967 ribu dan 21,58 juta pasien sembuh.
 
(WIL)



FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif