Ibadah haji di tengah pandemi covid-19. Foto: AFP.
Ibadah haji di tengah pandemi covid-19. Foto: AFP.

Arab Saudi Segera Buka Kembali Umrah untuk Jemaah Domestik

Internasional arab saudi
Marcheilla Ariesta • 16 September 2020 18:11
Jeddah: Arab Saudi dilaporkan kembali memulai ibadah umrah dalam waktu dekat. Ibadah umrah ini hanya diizinkan bagi warga Arab Saudi, atau warga negara asing yang berada di negara tersebut.
 
Dilaporkan laman Saudi Gazette, jemaah domestik juga harus memenuhi persyaratan yang diberikan untuk bisa mengikuti umrah. Sumber pemerintahan mengatakan, para jemaah diwajibkan membawa sertifikat medis untuk menunjukkan mereka dinyatakan negatif virus korona (covid-19).
 
"Kementerian Haji dan Umrah akan segera mengumumkan syarat dan ketentuan umrah tersebut," kata sumber tersebut.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Ia menambahkan akan ada aplikasi seluler yang menentukan tanggal dan waktu pelaksanaan ibadah haji oleh setiap jemaah. Izin umrah, kata dia, akan dikeluarkan otoritas terkait kepada jemaah yang memenuhi syarat dan ketentuan.
 
Dikonfirmasi mengenai hal tersebut, Wakil Menteri haji dan Umrah Hussein Al-Sharif mengaku pihaknya tengah mengevaluasi pengalaman keberhasilan dalam melaksanakan ibadah haji di tengah pandemi. Ia menuturkan, kementerian akan memanfaatkan pengalaman itu untuk menerapkan langkah-langkah kesehatan dan peraturan ketat untuk musim umrah.
 
Sebelumnya Arab Saudi disebut akan mengumumkan rencana membuka izin pelaksanaan umrah secara bertahap. Kebijakan itu dilakukan setelah kerajaan mencabut sebagian penangguhan penerbangan internasional mulai Selasa kemarin.
 
Sejak Maret lalu, Arab Saudi menangguhkan umrah untuk mencegah merebaknya penyebaran virus korona di kota-kota suci umat Islam. Mereka menggelar ibadah haji dengan mengurangi jumlah jemaah dan menerapkan protokol kesehatan yang ketat.
 
(FJR)



FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif