Juru bicara Koalisi Arab Saudi, Brigadir Jenderal Turki al-Maliki. (AFP)
Juru bicara Koalisi Arab Saudi, Brigadir Jenderal Turki al-Maliki. (AFP)

Koalisi Saudi Cegat 3 Misil Balistik dan Drone dari Yaman

Internasional konflik yaman arab saudi Pemberontak Houthi
Willy Haryono • 05 September 2021 10:29
Riyadh: Arab Saudi telah mencegat tiga misil balistik yang ditembakkan dari Yaman pada Sabtu kemarin, 4 September 2021. Ketiga misil tersebut meluncur ke arah provinsi Timur serta kota Najran dan Jazan.
 
Menurut keterangan Kementerian Pertahanan Arab Saudi, serpihan dari salah satu misil berjatuhan di kota Dammam, melukai dua anak-anak dan merusak 14 rumah.
 
"Kami telah mencegat tiga misil dan juga tiga drone berbahan peledak," ujar koalisi militer Arab Saudi kepada kantor berita AFP.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Sejauh ini belum ada grup yang mengklaim bertanggung jawab atas serangan, namun diduga kuat telah dilakukan oleh pemberontak Houthi.
 
"Ini merupakan tindakan brutal milisi Houthi yang didukung Iran," tuduh juru bicara koalisi Saudi, Brigadir Jenderal Turki al-Maliki.
 
Televisi nasional Al-Ekhbariya melaporkan kabar pencegatan tiga misil balistik dan drone asal Yaman. Dilaporkan bahwa koalisi Saudi akan mengambil "langkah-langkah tegas" dalam melindungi keselamatan masyarakat sipil.
 
Akhir Agustus lalu, serangan drone dari Yaman membuat operasional Bandara Internasional Abha terhenti.
 
Baca:  Serangan Drone, Penerbangan di Bandara Internasional Abha Ditangguhkan
 
Percobaan serangan ke bandara Abha terjadi setelah dua misil balistik meluncur ke arah Najran dan Jazan. Tiga drone juga dikabarkan telah diterbangkan pihak tertentu ke arah Pangkalan Udara King Khalid di Khamis Mushait.
 
Beberapa hari sebelumnya, 40 orang tewas dalam serangan di pangkalan udara Yaman yang juga dipakai koalisi Arab Saudi. Seorang pejabat lokal Lahij menginformasikan kantor berita Xinhua bahwa tiga misil balistik telah dilepaskan Houthi ke Pangkalan Udara Al Anad.
 
(WIL)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif