Program tersebut jangan hanya melibatkan pelajar Indonesia dan Ethiopia, juga pelajar dari negara-negara lain. Ini dikarenakan IESCOP adalah sarana komunikasi dan pembelajaran yang sangat bermanfaat bagi kemajuan pelajar Indonesia.
Hal itu disampaikan Asni Dewita, seorang guru sekolah menengah dan peserta seminar nasional bertajuk Learning Loss: Masalah Hari Ini atau Mimpi Buruk Masa Lalu kemarin Rabu 28 Juli. Seminar yang dikuti sekitar 300 peserta itu diselenggarakan Universitas Negeri Padang bekerjasama dengan Universitas Yarsi Jakarta, Asosiasi Profesi Pendidik dan Peneliti Sosiologi Indonesia (AP3SI) dan Revolt Institue.
Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?
Duta Besar RI untuk Ethiopia, Djibouti dan Uni Afrika Al Busyra Basnur mengatakan bahwa IESCOP adalah sarana komunikasi dan tatap muka melalui virtual dan korespondensi yang mendorong terciptanya persahabatan dan kerja sama pelajar Indonesia dengan Ethiopia sejak usia dini.
“Melalui pertemuan virtual dan komunikasi jarak jauh, pelajar dapat berkenalan, saling berbagi dan belajar satu sama lain tentang hal-hal yang baru,” kata Dubes Al Busyra, seperti dikutip dari pernyataan tertulis KBRI Addis Ababa yang diterima Medcom.id, Jumat 30 Juli 2021.
Pertemuan virtual ke-2 IESCOP diselenggarakan 26 Juni 2021 dan pertemuan ke-3 pada Agustus 2021. Program ini memang direncanakan akan melibatkan pelajar dari berbagai negara kawasan lain, diantaranya Eropa dan Amerika yang sudah menyatakan minat mereka.
Pada seminar nasional tersebut dibahas berbagai tantangan yang dihadapi pelajar dan mahasiswa Indonesia dalam kegiatan ajar mengajar selama pandemi covid-19. “Ternyata pandemi covid-19 sangat berdampak terhadap pelajar, diantaranya berakibat menurunnya profil pembelajaran hingga learning loss di Indonesia,” sebut KBRI Addis Ababa.
Selain Dubes Al Busyra, hadir berbicara pada seminar tersebut Dr. Iwan Syahril, Dirjen Guru dan Tenaga Kependidikan Kemendikbud; Rektor UNP Prof. Ganefri, Ph.D; Rektor Universitas Yarsi Jakarta, Prof. Dr. Fasli Djalal; Delbert Lim, peneliti Research on Improving System of Education (RISE) dan pakar Pendidikan Reno Fernandes.